Tue. Oct 23rd, 2018
manfaat-bawang-merah

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Tubuh

Bumbu dapur – Manfaat bawang merah untuk kesehatan – Bawang merah merupakan salah satu bahan baku untuk kelengkapan disemua masakan. Didunia medis sendiri bawang merah amatlah fenomenal karena mampu memerangi penyakit kanker dan penyakit berbahaya lainya.

Bawang merah juga dapat dijadikan sumber antioksidan yang sangat ampuh untuk memerangi radikal bebas yang dapat menyerang tubuh dan memicu munculnya berbagai macam penyakit.

Manfaat Bawang Merah

Untuk ibu rumah tangga, bawang merah menjadi sahabat dalam menyajikan berbagai macam masakan, serta menjadi bahan utama untuk setiap pengolahanya. Manfaat bawang merah untuk kesehatan bisa kita lihat dari kumpulan kandungan gizi didalamnya.

Kandungan gizi bawang merah: kalori, 15 gram karbohidrat, gram lemak, gram kolesterol, 3 gram serat, 7 gram gula, 2 gram protein dan 10%,  vitamin C, vitamin B-6 dan mangan, kalsium, zat besi, asam folat, magnesium, fosfor dan kalium antioksidan quercetin dan sulfur.

Melihat kumpulan gizi dalam bawang merah, pastinya anda sudah dapat membayangkan manfaat bawang merah jika dikonsumsi secara tepat dan teratur dalam jumlah yang tidak berlebihan.

Pencegah Kanker

Sayuran allium telah dipelajari secara ekstensif dalam hubungan dengan kanker, terutama lambung dan kanker kolorektal. Manfaat dari bawang merah cenderung karena sebagai senyawa organosulfur yang amat sangat berlimpah didalamnya dan dapat menghambat kanker.

Bawang juga menjadi sumber vitamin C sebagai antioksidan yang dapat membantu untuk memerangi pembentukan radikal bebas yang telah diketahui sebagai penyebab kanker dan penyakit lainya.

Kanker Prostat

Para peneliti menggunakan suatu metode yang berbasis populasi untuk menyelidiki hubungan antara asupan allium sayuran dan kanker prostat. Mereka menemukan manfaat bawang merah trhadap pria dengan asupan allium yang tinggi memiliki resiko terendah terhadap kanker prostat.

Esofagus dan Kanker Perut

Manfaat bawang merah untuk kesehatan lainya karena adanya allium dalam sayuran yang berbanding terbalik dengan resiko terserangnya kanker perut. Hal ini dibuktikan dari percobaan yang menghasilkan laporan penghabatan tumor setelah pemberian senyawa allium.

Mengatur Tidur dan Suasana Hati

Manfaat bawang merah selanjutnya adalah kandungan asam float yang dapat membantu depresi dengan mencegah kelebihan homosintetis dari pembentukan dalam tubuh dan dapat mencegah darah serta nutrisi lain untuk tiba mencapai otak.

Homosistein mempengaruhi produksi hormon serotonin, dopamine dan norepinephrin yang diyakini dapat mengatur suasana hati, tidur dan nafsu makan anda.

Baik Untuk Jantung

Selain itu, manfaat bawang merah dari kandunagn sulfida methylallyl dan asam amino sulfur dapat memberikan efek penurunan kadar kolesterol jahat dalam darah dan peningkatan pada kadar dalam tubuh anda menjadi kolesterol baik.

Manfaat bawang merah juga dapat mengontrol tekanan darah tinggi dan membuka arteri yang tersumbat, sehingga mampu meningkatkan kesehatan jantung.

Manfaat Bawang Merah Untuk Media Pengobatan

Banyaknya pengobatan tradisional yang telah dilakukan dengan manfaat kunyit, manfaat temulawak, manfaat jahe dan manfaat bawang merah atau putih. Namun inilah manfaat bawang merah yang mampu meringankan gangguan kesehatan:

  • Mengatasi perut kembung pada anak-anak –  Anak-anak dapat dengan mudah masuk angin, yang menyebabkan perut kembung. Untuk mengatasinya caranya mudah, ambil bawang merah yang bersih kemudian haluskan. Berikan sedikit minyak telon, kemudian balurkan pada bagian pusar si kecil.
  • Meredakan batuk – Batuk sering terjadi pada cuaca dingin dan menyerang anak-anak. Resep penyembuhannya dengan menggunakan parutan bawang merah yang ditambahkan minyak telon balurkan sekujur punggung dengan sedikit diurut.

Cara Menyimpan Bawang Merah

Bawang merah yang baik untuk dikonsumsi harus bersih, keras dan memiliki kulit yang kering. Hindari penyimpanan bawang merah yang dapat menunjukan pembusukan. Dengan kata lain harus disimpan dalam suhu udara kamar, jauh dari cahaya terang dan ventilasi.

Semua jenis bawang juga harus disimpan berjauhan dari kentang, karena mereka akan menyerap kelembapan gas kentang dan menyebabkan manfaat bawang dan manfaat kentang menghilang atau menjadi lebih mudah rusak.

Pilihlah bawangn yang memiliki aroma lebih tajam, yang mampu bertahan lebih lama dibandingkan bawang yang lebih manis seperti bawang putih. Karena senyawa yang menghasilkan rasa yang tajam .

Inilah seputar informasi kumpulan manfaat bawang merah untuk kesehatan dan cara penyimpananya. Untuk menjaga pola hidup sehat, anda dapat membaca artikel kesehatan lainya, seperti manfaat daun sirih merah, manfaat lada untuk kesehatan atau manfaat daun salam untuk tubuh anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *