Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan Tubuh Kita

manfaat-asam-jawa-

Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan sangat dominan untuk mengatasi berbagai penyakit salah satunya seperti disentri. Seperti yang kita ketahui, asam jawa atau “asam” merupakan jenis buah-buahan yang memiliki rasa asam dan sering digunakan sebagai pelengkap bumbu masak.

Menurut sejarah, asam jawa sudah dikenal sejak lama sebagai tanaman herbal. Bahkan jaman dulu kala, buah ini sangat sering digunakan untuk mengobati luka, eksim, sariawan, serta untuk mengatasi gigitan serangga.

Asam jawa mempunyai nama latin Tamarindus indica yang masih terdaftar dalam keluarga fabaceae. Sebagai Satu-satunya tumbuhan yang namanya sama dengan rasa buahnya yaitu asam. Buah ini memiliki kandungan berbagai zat asam diantaranya seperti asam malat, asam sitrat, asam tatrat, asam suksinat dan asam asetat. Zat-zat asam tersebut sangat baik untuk sistem pencernaan dalam tubuh, seperti melancarkan buar air besar dan juga melancarkan peredaran darah.

manfaat asam jawa

Manfaat Asam Jawa Bagi Kesehatan

Persis yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa asam jawa banyak di manfaat sebagai bahan obat herbal untuk mengobati beberapa penyakit. Bagian-bagiannya yang sering digunakan yaitu daun dan buahnya. Dibawah ini adalah beberapa manfaat asam jawa untuk kesehatan yang digunakan sebagai obat herbal.

Mampu Mengobati Penyakit Difteri

Perlu diketahui difteri merupakan penyakit yang menyerang saluran pernafasan yang disebabkan oleh bakteri jahat Corynebacterium diphtheria. Gejala penyakit difteri ini berupa sakit tenggorokan, sesak napas, demam, dan mengeluarkan lendir dari mulut dan hidung. Jenis penyakit ini dapat dikatakan cukup berbahaya, namun hal tersebut bisa diatasi dengan obat herbal asam jawa.

Manfaat asam jawa untuk mengobati penyakit Difteri bisa anda rasakan dengan cara menumbuk atau menghaluskan campuran bahan-bahan seperti; 5 gr kencur, 5 gr bawang merah, 5 grlobak, dan 10 gr daun pepaya muda serta asam jawa secukupnya. Seduh dengan segelas air panas lalu gunakan untuk berkumur hingga ke dalam tenggorokan.

Dapat Mengobati Ambeien

Manfaat asam jawa selanjutnya yaitu dapat mengobati ambeien atau pun wasir. Mengobati penyakit jenis ambeien atau waris dengan menggunakan asam jawa, dapat dilakukan dengan cara merebus 1 gr asam jawa yang dicampur dengan 6 gr daun keji beling, 3 gr temulawak dan 6 gr mineral dalam 1 liter air. Kemudian dinginkan, saring airnya lalu minum 3 kali sehari.

manfaat asam jawa

Membantu Mengobati Eksim

Asam jawa sangat berkhasiat untuk mengobati eksim atau sering juga disebut dermatitis atau eksema. Penyakit ini menyerang pada bagian kulit hingga kulit melepuh sampai mengeluarkan nanah, namun tidak perlu khawatir karena penyakit ini dapat diatasi dengan asam jawa.

Cukup dengan menumbuk segenggam asam jawa di campur dengan umbi temu lawak dan gula gula aren secukupnya, kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah itu, saring airnya lalu minum 2 kali sehari selama pengobatan sampai manfaat asam jawa benar-benar terasa dalam diri anda.

Mengobati Disentri

Manfaat asam jawa sangat dipercaya mampu mengobati disentri atau gangguan usus, gejalanya seperti perut mulas dan bung air besar yang terkadang disertai darah dan lendir. Dengan meminum ramuan herbal yang di buat dari campuran 5 gr asam kawak, 10 gr temulawak dan 10 gr kunyit, dapat membantu mengobati penyakit disentri dan membuat usus menjadi sehat.

Membantu Mengatasi Darah Rendah

Tekanan darah rendah rendah atau dikenal juga dengan istilah hipotensi, dapat diatasi dengan mengunakan ramuan tradisional asam jawa. Manfaat asam jawa untuk mengatasi tekanan darah rendah dapat diperoleh dengan cara, mencampuran antara 5 gr asam jawa, 10 gr gula aren, 50 gr bawang merah, 250 gram daun bayam dan 15 gr cabai rawit. Diolah dengan dibuat sambal dan daun bayam yang direbus setengah matang sebagai lalapan.

Manfaat asam jawa lainnya;

  • Menurunkan deman pada Bayi
  • Mengobati nyeri haid
  • Mengatasi sariawan
  • Mengobati rematik

Demikian beberapa ulasan singkat tentang manfaat asam jawa bagi kesehatan yang sudah terbukti sejak dulu, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Ketahui juga manfaat buah Kedondong dan manfaat buah lainnya untuk tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *