Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh Kita

manfaat air kelapa

Manfaat Air Kelapa – Rasanya yang manis dan nikmatnya serta memberikan kesegaran saat menikmatinya, air kelapa menjadikan salah satu minuman yang banyak diminati di berbagai negara termasuk di Indonesia. Bahkan banyaknya peminat air kelapa membuat buah ini memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi dan banyak dijual di pasaran.

Seperti yang kita tahu pada umumnya, tumbuhan kelapa ini sering kita jumpai di daerah pesisir pantai dan kini semakin mudah di dapat dimanapun. Hingga saat ini tidak sedikit para petani yang membudidayakan tanaman ini. Karena selain cepat berbuah cara perawatan tanaman ini juga sangat mudah.

Selain rasanya yang nikmat dan segar, meminum air kelapa juga memberikan banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh salah satunya yakni mencegah dehidrasi. Hal tersebut dikarenakan banyaknya kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh pada air kelapa seperti vitamin C, biotin, ribflavin, asam nikotinat, asam pantotenat, asam folat, dan lain-lain. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat air kelapa yang penting bagi kesehatan tubuh kita.

manfaat air kelapa
Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan

Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan

Mencegah Dehidrasi

Terlalu banyaknya cairan yang keluar dan minimnya cairan kita konsumsi dalam sehari-hari dapat menyebabkan dehidrasi. Kesetaraan plasma dan elektrolit pada air kelapa hampir sama dengan darah, sehingga dengan meminum air kelapa dapat membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang dengan cepat.

Menambah Sistem Kekebalan Tubuh

Bagi kalian yang memiliki aktivitas cukup berat atau ketahanan daya tubuh yang kurang baik, manfaat air kelapa dapat menambah sistem kekebalan tubuh secara alami. Disebabkan banyaknya kandungan vitamin yang terdapat pada air kelapa yang mudah diserap dan dibutuhkan oleh tubuh.

Menjaga Kesehatan Ginjal

Adanya kandungan kalium pada air kelapa yang berperan sebagai kunci dalam proses alkali, dapat memberikan khasiat yang luar biasa yakni dapat menjaga kesehatan ginjal. Bahkan dengan mengkonsumsi air kelapa secara teratur dipercaya dapat mencegah penyakit batu ginjal.

Baik untuk Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan yang kurang lancar seperti buang air besar dapat menyebabkan penyakit yang serius, maka tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi air kelapa. Karena selain rasanya yang nikmat dan sengat. Manfaat air kelapa juga dapat membantu mengurangi racun dalam tubuh dan dikeluarkan melalui buang air besar. Sehingga sistem pencernaan anda akan kembali normal.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat air kelapa selanjutnya yaitu dapat mencegah penuaan dini. Air kelapa yang banyak mengandung dua elemen penting yakni sitokin dan asam laurat, sangat berfungsi dalam proses pertumbuhan dan regulasi sel dalam tubuh. Sehingga anti karsinigenik dan anti trombotik dapat membantu meminimalkan penuaan pada kulit.

Bagus untuk Wanita Hamil

Air kelapa yang banyak mengandung kalsium, elektrolit, sodium, dan vitamin C, yang dimana kandungan tersebut sangat bagus untuk wanita hamil. Manfaat air kelapa untuk ibu hamil yaitu dapat meredakan morning sickness dan menghilangkan rasa mual selama masa kehamilan.

Ada pun beberapa efek samping jika terlalu banyak mengkonsumsi air kelapa diantaranya; dapat menyebabkan diare, menimbulkan kejang otot, bukan pengganti cairan tubuh yang mutlak, serta membuat tubuh tidak menjadi kebal terhadap penyakit.

Itulah beberapa ulasan singkat mengenai manfaat air kelapa bagi kesehatan dan juga efek sampingnya yang penting untuk kita ketahui. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan anda dalam menjaga kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca jua; khasiat buah tomat bagi kesehatan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *