Apa itu Manajemen Bisnis, Pengertian Manajemen Bisnis

manajemen-bisnis

Apa itu Manajemen Bisnis – Salah satu jurusan kuliah yang cukup laris di kalangan masyarakat adalah manajemen bisnis. Bagi Kamu yang sudah bekerja, istilah ini juga seringkali terdengar bukan? Setiap perusahaan pasti memiliki manajemen yang mengurusi, mengendalikan, dan mengelola apa yang ada di dalam perusahaan. Adanya manajemen akan sangat membantu dalam hal ini.

Manajemen merupakan suatu kegiatan dalam mengarahkan pihak lainnya. Tujuannya tidak lain adalah untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Proses yang dilakukan dalam sebuah manajemen meliputi perencanaan, pengorganisasian , dan yang terakhir adalah kontrol atau mengelola. Lalu, apakah tujuan dan fungsi dari Manajemen bisnis ini?
Baca juga:
Bisnis Database

Fungsi dan Tujuan Manajemen Bisnis

Pengertian manajemen bisnis sendiri adalah suatu kegiatan dalam merencanakan, mengelola, dan juga mengoperasionalkan sebuah usaha atau perusahaan. Di dalamnya mencakup segala macam peraturan yang memiliki sebuah tujuan bisnis. Setiap usaha atau bisnis membutuhkan suatu manajemen yang tepat untuk dapat memenuhi target yang telah ditentukan.

manajemen bisnis, Apa itu Manajemen Bisnis

Seperti pengertiannya, manajemen di dalam sebuah perusahaan atau bisnis memiliki berbagai macam fungsi yang sangat membantu. Fungsi yang pertama adalah memimpin. Kemudian, fungsi selanjutnya adalah merencanakan, menyusun, dan fungsi yang terakhir adalah fungsi mengawasi.

Salah satu jurusan yang bisa diambil dalam perkuliahan ini memiliki prospek yang bagus kedepannya. Lulusannya bisa mendapatkan pekerjaan dalam berbagai macam bidang. Mengapa? Ini dikarenakan dalam manajemen perusahaan terdapat berbagai macam komponen yang terdapat di dalamnya.

  1. Keuangan

Manajemen pertama yang bisa dipelajari adalah manajemen keuangan. Penataan keuangan sangat diperlukan dalam sebuah bisnis. Artinya, sirkulasi keuangan dapat dikelola dengan sebaik-baiknya oleh orang yang ahli dalam manajemen keuangan.

  1. Pemasaran

Pemasaran juga menjadi tujuan dalam bisnis. Ini bisa dilakukan oleh manajemen marketing. Tujuannya tidak lain adalah dalam hal meningkatkan penjualan.

  1. Produksi

Ada manajemen pemasaran, ada pula manajemen produksi. Ini berkaitan dengan pembuatan barang mulai dari persiapan bahan baku, jumlah barang, dan pengendalian dari proses produksi yang dilakukan.

Jadi, itulah pengertian Apa itu Manajemen Bisnis, fungsi dan tujuan dari manajemen bisnis. Manajemen perusahaan ini bisa dipelajari oleh setiap orang. Selain dari bangku kuliah, Kamu dapat mempelajarinya melalui berbagai macam buku.

Baca Juga ;

Pengertian Bisnis dan Fungsinya.

Apakah Bisnis Database Itu Menguntungkan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *