Tue. Oct 16th, 2018
makanan penguat janin - makanan ibu hamil - makanan penguat kandungan

Makanan Penguat Kandungan Yang Menyehatkan!

Matajurnal – Selama ini kalian mungkin mengira bahwa terdapat obat-obatan atau ramuan tertentu yang dapat menguatkan kandungan. Padahal ada sederet makanan penguat kandungan yang berpotensi menyehatkan kandungan Sang Ibu dan Janinnya.

Sebaiknya jumlah obat-obatan yang di konsumsi ibu hamil dinatasi, untuk terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Sebaiknya konsumsi makanan sehat untuk menunjang kesehatan calon ibu dan si buah hati.

Makanan Penguat Kandungan Yang Aman dan Menyehatkan

Legium

Selain susu, protein bisa kalian dapatkan dalam makanan jenis legium, seperti kacang polong, buncis, kacang kedelai dan beberapa jenis kacang lainnya. Makanan ini dapat menjadi pilihan ibu hamil karena kaya akan asam float, zat besi, kalium dan magnesiumnya.

Selain itu, makanan ini juga kaya akan serat yang bagus untuk mencegah sembelit atau kontipasi yang kerap dihadapi oleh beberapa ibu hamil. Sang ibu juga dapat menambahkannya pada menu diet sehat sehari-hari.

Telur

Telur merupakan makanan yang sarat akan manfaat baik untuk tubuh. Tidak hanya sebagai sumber protein, makanan tinggi asam amino ini juga berperan dalam pembentukan sel-sel tubuh. Termasuk untuk ibu hamil dan janin dalam kandungannya.

Telur mengandung lebih dari 12 vitamin dan mineral, serta kolin yang dapat membantu kesehatan sumsum tulang belakang dan otak janin selama masa perkembangannya.

Brokoli

Jangan lupa untuk menambahkan sayuran kedalam menu makanan sehari-hari, terutama brokoli. Sayuran hijau ini mengandung serat, asam float, zeaxanthin dan karotenoid yang berlimpah. Ini bisa di jadikan daftar makanan penguat janin para ibu.

Kandungan tersebut dipercaya dapat menjaga keseimbangan elektrolit semasa kehamilan, sekaligus mempertahankan tekanan darah ibu hamil agar tetap normal. Cukup direbus atau di campurkan dalam bahan masakan atau di jus.

Yoghurd

Bila para ibu hamil kurang menyukai susu, greek yoghurt tanpa rasa bisa menjadi pilihan. Makanan ini menawarkan kalsium dan probiotik yang dapat berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan membantu perkembangan tulang pada janin.

Jika terasa tawar atau terlalu asam, mungkin kalian bisa menambahkan dengan buah segar seperti stroberi, kiwi, mangga, atau bisa menjadikan madu sebagai alternatif pengganti buah.

Ubi Jalar

Tidak hanya nasi atau kentang yang bisa dijadikan sumber karbohidrat, ubu jalar juga dapat dijadikan sebagai penggantinya. Makanan ini mengandung karbohidrat kompleks yang sehat dan mampu membuat kalian merasakan kenyang lebih lama.

Makanan penguat kandungan ini akan diolah oleh tubuh menjadi vitamin A, yang berperan penting untuk pertumbuhan serta perkembangan jaringan dan sel pada janin.

Alpukat

Untuk mencukupi float dan kolin yang amat penting untuk perkembangan otak janin bisa dilakukan dengan mengkonsumsi alpukat. Buah ini juga mengandung beragam vitamin, seperti vitamin B, C dan K, serat zat besi yang diperlukan tubuh dan janin.

Buah hijau ini juga dipercaya mampu meredakan kram kaki yang biasa dialami oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan kandungan tinggi kalium dan magnesium yang terdapat dalam alpukat.

Ikan Salmon

Sebagian wanita hamil mungkin saja merasakan kesulitan dalam mendapatkan kandungan omega-3 yang cukup. Padahal, asam lemak ini memiliki peranan penting selama masa kehamilan. Kandungan ini bisa didapatkan dengan mengkonsumsi salmon.

Para ilmuan mengungkapkan bahwa wanita hamil yang mengkonsumsi setidaknya 2 sampai 3 porsi setiap minggunya sudah bisa mencukupi asupan omega-3 yang dibutuhkan.

Gandum Utuh (oatmeal)

Tidak hanya ubi jalar, ternyata gandum juga dapat menjadi makanan penguat janin dan kandungan pada ibu hamil. Makanan ini dipercaya dapat membantu memenuhi kebutuhan kalori yang bisa meningkat, terutama pada trisemester kedua dan ketiga.

Ibu hamil dapat menikmati oatmeal sebagai sarapan, roti gandum untuk makan siang, dan nasi merah sebagai makan mala. Jangan lupa tambahkan sayuran dan buah sebagai hidangan penutup.

Daging Sapi

Daging merupakan sumber protein yang baik dan dapat menjadi sumber tenaga, termasuk untuk ibu hamil dan janinnya. Namun, pilihlah jenis daging sapi yang rendah lemak. Kandungan kolin yang terdapat pada daging sapi diperlukan untuk perkembangan otak bayi.

Dalam menyantapnya, pastikan daging sapi telah matang dengan sempurna. Agar semua bakteri dan parasit dialamnya telah mati. Inilah beberapa makanan penguat kandungan yang menyehatkan untuk sang ibu dan janin didalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *