Makanan Khas Jogja yang Terbaik

makanan-khas-jogya

Jogya terkenal akan banyak hal. Selain terkenal sebagai kota pelajar, budaya dan pariwisata, ternyata Jogya juga kaya akan makanan khas yang enak dan murah. Jika Anda sedang berada di Jogya atau sedang merencanakan berlibur di Daerah Istimewa Jogyakarta, jangan lewatkan untuk mencicipi nikmatnya makanan khas yang aman untuk segala ukuran dompet berikut ini!

4 Makanan Khas Jogja yang Enak dan Murah

Gudeg

makanan khas jogya

Sangat beralasan kenapa Gudeg berada di urutan paling atas dalam daftar makanan khas yang ada Jogya. Anda bisa menemukannya dengan mudah di kota pelajar ini. Terbuat dari bahan dasar nangka muda yang dimasak dengan menggunakan santan ini memiliki rasa khas yang menggoda yaitu manis dan legit.

Gudeg tersedia dalam tiga macam yaitu Gudeg Basah, Gudeg Manggar, dan Gudeg Kering. Gudeg Kering dapat bertahan lama sehingga ini cocok sebagai oleh-oleh.

Bakpia

makanan khas jogya

Bakpia sangat cocok sebagai buah tangan untuk orang-orang di rumah. Anda juga bisa menjadikannya camilan yang lezat saat di perjalanan. Bakpia terbuat dari bahan tepung terigu yang diisi dengan kacang hijau kemudian dimasak dengan cara dipanggang.

Selain kacang hijau, kini Bakpia hadir dalam berbagai pilihan seperti coklat, kumbu hitam, keju, durian, dan lain-lain. Anda bisa menemukan makanan khas Jogya ini di banyak tempat. Tapi jika Anda mencari yang benar-benar khas, silahkan untuk membeli Bakpia Pathuk.

Geplak

makanan khas jogya

Apa itu Geplak? Geplak terbuat dari bahan dasar daging kelapa yang dicampur dengan gula. Tampilannya yang berwarna- warni seperti pink, putih, kuning, dan hijau membuatnya lebih menarik. Selain menggoda karena penampilannya, Geplak juga nikmat dan murah. Jadi wajar jika Geplak termasuk salah satu makanan favorit warga Jogya dan wisatawan.

Yangko

makanan khas jogya

Toko-toko oleh-oleh di Jogya pasti menyediakan ketiga makanan khas Jogja yaitu Bakpia, Geplak, dan Yangko. Jika Bakpia terbuat dari tepung terigu, maka Yangko terbuat dari tepung beras. Memiliki rasa yang begitu manis, tekstur yang kenyal, dan bentuk kotak yang cantik, menjadikan makanan ini layak sebagai oleh-oleh atau camilan.

Sangat wajar jika Jogya terkenal dengan daerah yang ramah dompet. Hal ini beralasan karena di sini Anda dapat menemukan makanan khas yang tidak hanya enak tapi juga murah meriah. Jika Anda berkesempatan mengunjungi kota ini dan tidak mencicipi atau membawa pulang makanan-makanan khas Jogja tersebut, maka Anda belum dikatakan seratus persen mengunjunginya. Setuju kan?

Selain mencicipi makanan khas Jogja, anda juga bisa berkunjung ke tempat-tempat wisata di Jogya yang murah dan keran abis pastinya.

Wisata Kuliner Lainnya;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *