Tue. Oct 23rd, 2018
obat-tetes-telinga

7 Macam Obat Tetes Telinga Beserta Fungsinya

MatajurnalObat tetes telinga – Jika Anda merasakan adanya gangguan pada bagian telinga, ada berbagai macam obat tetes telinga yang tersedia untuk mengatasinya. Akan tetapi sebaiknya Anda mengenali terlebih dulu beberapa macam obat tetes telinga dan fungsinya sebelum menggunakan. Sebab, organ telinga sangat penting dan akan berbahaya jika Anda salah menggunakannya.

Beberapa Jenis Obat Tetes Telinga

Jika Anda belum yakin dengan jenis penyakit apa yang menyerang, lebih baik Anda berkonsultasi ke dokter. Berikut ini beberapa macam obat tetes telinga yang banyak dijual di apotek-apotek yang bisa dijadikan referensi.

Erlamicetin

Setiap botolnya memiliki kandungan kloramfenikol sebanyak 1%. Fungsinya adalah untuk mengobati infeksi telinga bagian luar karena kuman.

Otopraf

Bila Anda memiliki keluhan sakit telinga luar dengan rasa nyeri dan otitis ekterna kronis otopraf bisa menjadi solusinya. Kandungannya dapat mengatasi bakteri yang memiliki kepekaan terhadap kandungan furunkulosis.

Cendofenikol

Dalam setiap milimeter mengandung 10  miligram kloramfenikol. Obat ini befungsi sebagai obat otitis eksterna akut, otitis media dan infeksi telinga akibat virus.

Oticol

Jenis obat ini berfungsi mengatasi radang telinga, otitis eksterna, dan sebagainya. Cocok untuk menanganisakit telinga yang dipicu oleh berbagai infeksi bakteri dengan kepekaan terhadap kloramfenikol.

Forumen

Dalam setiap mililiter jenis tetes telinga ini memiliki kandungan 5 mg/ml natrium dokusat. Kandungannya berfungsi untuk membantu mengeluarkan kotoran di dalam telinga.

Enkacetyn

Obat ini berfungsi untuk menyembuhkan infeksi telinga. Dalam setiap tetesnya terdapat 100 mg kloramfenikol.

Otolin

Obat telinga ini berfungsi untuk mengatasi radang telinga bagian luar ataupun tengah dengan gejala yang kronis maupun akut. Setiap mililiternya mengandung  10.000 IU polimiksida B SO4, 5% kloramfenikol dan 1% benzoate.

Beberapa macam obat tetes telinga yang disebutkan di atas telah disertai dengan fungsinya. Tetapi akan lebih baik jika Anda memeriksakan keluhan sakit telinga Anda terlebih dahulu ke dokter sebelum membeli obatnya sendiri di apotek. Agar keamanan saat menggunakannya lebih terjamin dan dosis yang digunakan juga sesuai dengan tingkat keparahan sakit yang diderita. Semoga Anda segera mendapatkan kesembuhan.

Artikel Lain ;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *