Wed. Oct 31st, 2018
macam-obat-gatal

Berbagai Macam Obat Gatal Yang Mudah Di Cari

Kebanyakan keluhan gatal dirasakan karena adanya alergi, iritasi, gigitan serangga dan biang keringat. Untuk menyembuhkannya, ada berbagai macam obat gatal yang tersedia mulai dari yang tradisional sampai yang buatan pabrik. Tapi, lebih disarankan agar Anda menggunakan bahan tradisional terlebih dahulu, karena akan jauh lebih aman dibanding dengan produk pabrik dengan bahan kimia.

Macam-Macam Obat Gatal Tradisional

Jika Anda tertarik mencoba obat tradisional, ada beberapa macam obat gatal tradisional yang mudah dicari dan dibuat.

Cuka Sari Apel

Jika Anda terkena alergi dingin, cuka sari apel bisa menjadi solusinya. Cara pemakaiannya juga cukup mudah. Anda cukup mengambil beberapa tetes cuka sari apel, lalu oles ke daerah kulit yang terasa gatal. Cuka sari apel berfungsi sebagai pembasmi bakteri serta kuman yang menyebabkan rasa gatal tersebut.

Daun Mahkota Dewa

Untuk mengatasi gatal, Anda bisa memanfaatkan daunnya. Pertama, pilih daun yang masih segar dan cuci bersih. Setelah itu Anda bisa menggiling atau menumbuknya hingga halus dan membalurkannya di kulit yang gatal. Lakukan secara rutin agar gatal segera hilang.

Mentimun

Mentimun adalah salah satu obat yang mudah dijumpai dan cara penggunaanya juga mudah. Anda cukup menumbuk mentimun segar secukupnya, balurkan hasil tumbukan tersebut pada area kulit yang gatal secara rutin sampai gatal hilang.

Lidah Buaya

Cara menggunakan lidah buaya sebagai obat gatal adalah dengan memilih lidah buaya yang berukuran sedang. Setelah itu cuci dan potong menjadi dua untuk mendapatkan gel nya. Oleskan pada kulit yang gatal 3 kali sehari agar gejala gatal segera hilang.

Tepung Kanji

Gatal karena biang keringat seringkali menyerang anak-anak. Anda dapat mengatasinya dengan tepung kanji yang dibalurkan merata ke kulit yang gatal. Keringat yang keluar akan terserap oleh tepung kanji dan rasa gatal pun akan berkurang.

Masih banyak lagi macam obat gatal tradisional yang ada. Hampir semuanya aman dan tanpa mengandung efek samping seperti obat kimia buatan pabrik. Jadi, tak ada salahnya jika Anda memilihnya sebagai pilihan pertama sebelum memutuskan menggunakan obat kimia. Jangan lupa baca juga, 4 Macam Obat Diare Tradisional ini Wajib Kita Ketahui bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *