Sun. Dec 2nd, 2018
Macam-obat-diare

4 Macam Obat Diare Tradisional ini Wajib Kita Ketahui

Selama ini banyak orang mengalami penyakit diare, namun mereka tidak mengetahui macam obat diare. Oleh sebab itu mereka mencoba untuk minum obat diare yang dibeli di toko obat tetapi diare mereka tak kunjung sembuh.

Diare dapat terjadi akibat sistem pencernaan tidak berfungsi dengan baik. Penyebab terjadi diare adalah infeksi virus, infeksi bakteri, konsumsi makanan dan minuman terkontaminasi. Diare jika tidak disembuhkan dengan obat yang manjur bisa berakibat fatal atau menyebabkan kematian.

Obat tradisional yang manjur untuk obat diare

Jika obat diare kimia yang dibeli di toko obat tidak dapat meredakan diare, kita bisa menggunakan obat tradisional sebagai obat penyembuh diare.

Berikut macam obat diare yang bisa kita gunakan:

 

Ramuan Oralit

Ramuan oralit dapat digunakan sebagai pertolongan pertama pada penderita diare. Oralit merupakan pencegah obat diare yang tergolong ringan karena dapat mengganti cairan yang hilang dan mencegah terjadi dehidrasi. Bahan pembuat oralit yaitu air ( 200 ml), 2 sendok the gula pasir, dan ½ sendok the garam. Ketiga bahan dicampur, diaduk hingga merata, dan minumkan pada pasien.

 

Buah Pisang

Manfaat Buah Pisang bisa mengurangi diare karena kandungan pektin di dalamnya yang dapat memadatkan feses. Selain itu, pisang juga mengandung kalium, elektrolit yang berfungsi penting dalam kerja sistem pencernaan.

 

Daun Jambu Biji

Dari berbagai macam obat diare, Daun Jambu Biji terbukti efektif sebagai obat diare. Di dalam jambu biji terdapat zat tennin. Air rebusan jambu biji akan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab diare yaitu Escherichia Coli dan Staphylococcus.

Jambu biji dapat diperoleh dengan mudah dan cara pemanfaatannya juga tidak terlalu susah. Kita bisa merebus daun jambu biji dengan air sampai mendidih, tunggu airnya sampai dingin. Kemudian minum segelas air rebusan daun jambu biji dua sampai tiga kali sehari.

 

Wedang Jahe

Jahe memiliki kandungan minyak atsiri yang berkasiat untuk mengobati penyakit diare. Jahe mudah dalam pengolahanya dan pemanfaatanya. Jare diparut kemudian diperas, tambahkan sedikit garam tanpa mencampurnya dengan air kemudian minumlah secukupnya.

Banyak sekali bahan alam yang dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan obat diare. Kita juga dapat dengan mudah mendapatkan dan mengolah bahan alam tersebut menjadi berbagai macam obat diare tradisional yang manjur. Baca juga, 3 Minuman Tradisional Kesehatan Asli Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *