Tue. Oct 16th, 2018
korupsi aceh

Dana Otsus Aceh: KPK Panggil Dirjen Perimbangan Keuangan!

Matajurnal – Penyelidik KPK memanggil Direktur Jendral Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan, Astera Primanto Bhakti sebagai saksi untuk tersangka Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf atas kasus korupsi Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) 2018.

“Yang Bersangkutan kita periksa sebagai saksi untuk tersangka IY (Irwandi Yusuf), ” ujar juru bicara KPK Febri Diansyah saat dihubungi, Senin (20/08/2018)

Selain Astera, penyidik KPK juga memanggil empat orang saksi lainnya. Keempat saksi tersebut yaitu Rizki, Akbar, Velayati, dan Sandi Irawan Saputra selaku pihak swasta, serta T Yusrizal selaku PNS.

Operasi Tangkap Tangan KPK (OTT)

Dalam kasus ini, Irwandi duduga menerima suap sebesar Rp 500 juta dari Bupati Bener Meriah, Ahmadi. Lantas penyerahan uang itu diduga juga dilakukan melalui dua orang yang berinisial (SB) Syaiful Bahri dan (HY) Hendri Yuzal.

Ahmadi juga diduga memberikan uang itu sebagai ijin proyek pembangunan infrastruktur yang bersumber dari DOKA 2018 ini. Nmaun kemudian praktik suap ini tertangkap dari OTT yang dilakukan oleh KPK pada Selasa (04/08/2018) malam hari.

Dalam Operasi Tangkap Tangan itu, KPK mengamankan sekitar 9 orang, termasuk didalamnya Ahmadi dan Irwandi. Selain itu, KPK juga menyita sejumlah bukti berupa uang senilai Rp 50 juta, bukti transaksi perbankan, serta catatan proyek.

Dalam kasus ini, KPK kemudian menetapkan empat orang sebagai tersangka. Irwandi bersama Syaiful Bahri dan Hendri Yuzal ditetapkan sebagai pihak yang diduga menerima suap. Sementara Ahmadi ditetapkan sebagai pihak yang diduga memberikan suap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *