Tue. Oct 23rd, 2018
Cara-Mengolah-Dan-Konsumsi-Kulit-Telur-Menyehatkan

Konsumsi Kulit Telur Menyehatkan! Begini Cara Mengolahnya

Jurnal Kesehatan – Konsumsi Kulit Telur  – Sebenarnya telur adalah salah satu bahan makanan yang bagus untuk keseimbangan nutrisi. Tapi kebanyakan orang, tidak mengetahui bahwa kulit telur juga dapat dikonsumsi, dan justru sangat baik bagi kesehatan.

Telur memiliki tingkat protein yang cukup tinggi, sementara pada kulit telur mengandung cukup banyak kalsium yang bagus bagi kesehatan tulang.

Kalsium merupakan kandungan mineral yang paling dominan dalam tubuh manusia. Dan kulit telur yang mengandung kalsium murni, dapat menjadi sumber mineral yang paling sempurna bagi tubuh manusia.

Cara Mengolah Dan Konsumsi Kulit Telur

source: imanpositivitynetwork

Agar bisa dikonsumsi, kulit atau cangkang telur harus menjalani proses pengolahan terlebih dahulu.

Berikut ini cara mengolah kulit telur agar bisa dikonsumsi, dan dapat menjadi sumber asupan mineral yang sempurna bagi tubuh kita.

Rebus kulit telur

Langkah pertama adalah, kumpulkan beberapa buah cangkang telur yang sudah dikeluarkan isinya, setidaknya 10 sampai 12 buah. Kemudian rebus kulit telur sekitar 5 menit, perebusan ini bertujuan untuk membunuh bakteri yang tersisa.

Panggang kulit telur

Setelah direbus, tiriskan kulit telur kemudian panggang di dalam oven selama 10 sampai 15 menit, pada suhu 200 derajat celcius.

Giling hingga halus

Setelah keluar dari oven ,dinginkan terlebih dahulu kulit telur tersebut. Setelah itu giling hingga halus cangkang telur, menggunakan mesin penggiling kopi atau alat lainnya.

Kemudian simpan bubuk kulit telur di dalam wadah yang kedap udara, agar kesegarannya tetap terjaga.

Cara Mengkonsumsi

source: wordpress

Jika ingin dikonsumsi, kita bisa mencampurkan setengah sendok makan bubuk tadi ke dalam air hangat untuk diminum. Cara lainnya, kita bisa mencampurkan bubuk kulit telur tadi ke dalam smoothie atau oatmeal, sebagai pelengkap sarapan sehat.

Bubuk kulit telur ini sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita, karena kaya akan kalsium yang baik untuk tulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *