Wed. Oct 31st, 2018
Kesehatan-Ibu-dan-Anak

Menyusui Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan Ibu dan Anak

Air Susu Ibu adalah asupan terbaik untuk bayi sebagai cairan alami yang diproduksi oleh ibu yang melahirkan. ASI dapat meningkatkan kesehatan ibu dan anak, meningkatkan daya tahan tubuh, serta membantu mengembalikan hormon ibu setelah melahirkan.

Menyusui memberikan manfaat bukan hanya untuk kesehatan bayi, namun juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh sang ibu. Disarankan untuk ibu yang melahirkan untuk menyusui bayinya dalam waktu 30 menit setelah melahirkan. Susu pertama atau colostrum memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh bayi. Pemberian ASI pada bayi selama 6 bulan pertama akan bermanfaat bagi perkembangan dan pertumbuhan tubuh bayi.

Manfaat menyusui bagi kesehatan ibu dan anak

Manfaat Air Susu Ibu bagi bayi

  1. Mencegah konstipasi

ASI sangat mudah dicerna oleh tubuh bayi sehingga mencegah buang air besar yang keras.

  1. Mengurangi resiko terjadinya kegemukan dan diabetes

Pemberian ASI sangat bermanfaat bagi perkembangan bayi di kemudian hari, karena dapat mengurangi resiko anak mengalami kegemukan atau obesitas.

  1. Mencegah SIDS

Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) atau kematian mendadak pada bayi dapat terjadi pada bayi yang berusia di bawah 1 tahun. Pemberian ASI secara eksklusif akan membantu mencegah terjadinya SIDS.

  1. Membantu mencegah kerusakan gigi pada bayi

ASI lebih baik daripada susu formula yang umumnya mengandung kadar gula tinggi, sehingga dapat membantu mencegah kerusakan gigi.

  1. Meningkatkan kecerdasan bayi

Berdasarkan penelitian bayi yang secara rutin meminum ASI selama 6 bulan akan mempunyai perkembangan otak yang lebih baik. Maka pemberian ASI akan meningkatkan kecerdasan otak bayi.

Manfaat menyusui bagi ibu

  1. Menumbuhkan kedekatan dan ikatan antara ibu dan bayi

Metode skin to skin contact pada saat menyusui akan meningkatkan kedekatan ibu dan bayi. Metode ini biasanya dilakukan pada bayi yang baru lahir, yang mana kulit ibu dan bayi disengaja bersentuhan secara langsung hingga ikatan emosional tercipta.

  1. Menghemat waktu

Menyusui dengan ASI selalu tersedia dalam kondisi segar serta terbaik untuk bayi sehingga tidak membutuhkan persiapan yang lebih lama bagi ibu untuk membuatkan susu bayi.

Pemberian ASI pada bayi sangatlah bermanfaat bagi kesehatan ibu dan anak. Untuk itu disarankan bagi ibu melahirkan untuk memberikan susu eksklusif pada bayinya.

Kunjungi Juga ;

Apakah Melakukan Tes Kesehatan Itu Penting?

Mengatur Pola Makan Untuk Kesehatan Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *