Fri. Oct 19th, 2018
kebiasaan yang dapat menurunkan daya tahan tubuh

Kebiasaan Yang Dapat Menurunkan Daya Tahan Tubuh!

Matajurnal – Apakahanda sudah menjalani pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang dapat menjaga daya tahan tubuh, tapi masih juga terserang penyakit? Hati-hati, mungkin anda sedang melakukan kebiasaan yang dapat menurunkan dayatahan tubuh.

Kebiasaan buruk yang dapat menurunkan daya tahan anda biasanya sering anda lakukan tanpa anda sadari dan dilakukan terus berulang-ulang. Berikut adalah kebiasaan yang dapat menurunkan daya tahan tubuh anda:

Kebiasaan Yang Dapat Menurunkan Daya Tahan Tubuh

Gaya Hidup Pasif atau Jarang Bergerak

Orang dengan gaya hidup yang pasif biasanya menjalankan keseharian dengan terlalu banyak duduk dan jarang melakukan aktivitas fisik membakar kalori. Ini merupakan salah satu kebiasaan buruk, karena dapat menurunkan kemampuan tubuh dalam melawan infeksi.

Selain itu, aktivitas fisik juga dapat meningkatkan produksi antibodi yang akan menghadapi penyakit dalam tubuh. Olahraga juga dapat menekan pelepasan hormon kortisol yang dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh anda.

Beban Pikiran Yang Berlebihan

Ketika seseorang mengalami beban pikiran berlebihan dapat mengganggu psikolog dan menyebabkan stres berkepanjangan. Dimana otak meningkatkan pelepasan hormon kortisol dan memicu sel darah putih yang berakibat pada menurunnya kekebalan tubuh.

Sayangnya, tidak semua orang menyadari bahwa dirinya sedang mengalami stres. Stres yang berkepanjangan dapat membuat tubuh anda rentan terkena berbagai berbagai penyakit seperti; darah tinggi, diabetes hingga kanker.

Kebiasaan Begadang, Kurang Tidur atau Beristirahat

Ketika tidur, tubuh anda memproduksi sitokin, yaitu molekul protein yang melindungimu dari serangan infeksi. Stokin juga membantu tertidur lelap dan memberikan energi bagi sistem kekebalan tubuh untuk melakukan fungsi aktivitas nya.

Kurang tidur juga erat kaitannya dengan gangguan kesehatan, stres dan menurunan daya tahan tubuh. Salah satunya adalah penyakit jantung dan diabetes.

Kebiasaan Kebiasaan Merokok

Kebiasaan yang dapat menurunkan daya tahan tubuh paling sering terjadi kepada perokok. Kandungan nikotinnya didalmnya dipercaya dapat meningkatkan hormon kortisol dan dapat menghambat pembentukan antibiotik dan penurunan respon antibodi.

Selain itu, merokok juga dapat menyebabkan berbagai penyakit yang dapat menyerang anda, seperti jantung, kanker, impotensi bahkan gangguan kehamilan dan janin pada perempuan dan ibu hamil.

Bahaya Kebiasaan Meminum Alkohol

Seperti yang kita ketahui, alkohol memiliki efek samping yang amat berbahaya jika dikonsumsi secara rutin dan terus menerus. Selain dapat menyebabkan hilangnya kesadaran, beberapa zat dalam alkohol juga dapat memicu beberapa penyakit seperti jantung, ginjal dan sebagainya.

Inilah beberapa kebiasaan yang dapat menurunkan daya tahan tubuh anda dan jarang anda sadari. Ubahlah pola hidup atau gaya hidup menjadi sehat demi keselamatan dan kenyamanan diri kita. Cintai diri mu untuk orang-orang yang mencintai mu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *