Jokowi Tanggapi Tudingan SBY: Netralisasi Polri dan BIN!

Matajurnal – Presiden RI ke-6 yang juga Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, menudung aparat keamanan tidak netral menjelang penyelenggaraan Pilkada serentak 2018. Pernyatan SBY ini menjadi sorotan dan direspon berbagai pihak, termasuk Presiden Joko Widodo.

Jokowi membantah tudingan SBY dan memastikan bahwa aparat keamanan dalam posisi netral alias tidak berpihak kepada siapapun.

Tanggapan Jokowi

“Netralitas TNI, Polri dan BIN itu bersifat mutlak dalam penyelelnggaraan pemilu maupun Pilkada. Dan ini sudah saya tegaskan untuk disampaikan ke jajaran yang ada di Polri, TNI dan BIN”, Ujar Jokowi disela-sela peninjauan Venue Asian Games di GBK (25/06).

Menurutnya, Netralitas sudah di instruksikan langsung ke Kapolri Jendral Tito Karnavian, Panglima Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kepala BIN Jendral Pol (purn) Budi Gunawan.

Sebelumnya SBY menuduh aparat TNI, Polri, dan BIN telah bersikap tidak netral. Mantan presiden dua periode ini mengklaim memiliki bukti atas seluruh tuduhannya. Ia menegaskan bahwa pernyataannya ini bukan bermaksud mengintimidasi atau berlebihan.

“Tidak ada niat seorang SBY melebihkan, mengintimidasi. Saya tidak dodo liar, itu bukan DNA saya, tetapi yang saya sampaikan ini cerita tentang ke tidak netralan elemen oknum dari BIN, Polri, dan TNI itu nyata adanya. Ada kejadiannya, buka Hoax” ujar SBY.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *