Sat. Oct 20th, 2018
budidaya-lahan-sempit-

5 Inspirasi Budidaya Lahan Sempit Paling Menarik

Budidaya lahan sempit bisa dilakukan oleh siapa saja yang mau bekerja keras dan terus berusaha. Meskipun lahan yang dimiliki sempit, ini tidak menjadi sebuah kendala yang berarti. Kamu bisa terus berusaha untuk mengembangkan lahan yang sempit tersebut menjadi sebuah usaha yang besar asal punya niat dan kerja keras. Berikut beberapa inspirasi yang dapat kamu pelajari.

Ragam Budidaya Lahan Sempit

Usaha pakan burung dan pakan ikan

Peluang usaha pakan burung dan pakan ikan adalah salah satu terobosan untuk budidaya lahan sempit. Terlebih lagi, kini semakin banyak saja peternak burung dan peternak ikan dimana-mana. Binatang kecil pun ternyata membutuhkan pakan. Kamu dapat melakukan budidaya cacing tanah, membudidayakan jangkrik dengan menggunakan kardus, atau bahkan membudidayakan kutu air sebagai pakan burung dan pakan ikan.

Budidaya ikan dalam tong atau di kolam terpal

Inspirasi selanjutnya yang bisa kamu pelajari dari budidaya lahan sempit yaitu ternak ikan dalam tong atau kolam terpal. Meskipun salah satu kendala untuk beternak ikan adalah lahan yang sempit. Namun, kamu dapat menggunakan ide beternak ikan dalam kolam terpal.

Cara untuk membudidayakan ikan di dalam terpal pun terbilang mudah dilakukan. Selain itu, ini juga merupakan cara yang praktis. Berbagai ikan dapat kamu budidayakan dalam kolam terpal seperti ikan sidat, ikan lele, maupun ikan nila. Ikan-ikan tersebut nantinya dapat kamu pasarkan di pasar-pasar tradisional terdekat.

Beternak lovebird

Salah satu jenis burung yang ramai untuk dibudidayakan akhir-akhir ini adalah jenis love bird. Kamu bisa turut andil dalam membudidayakan love bird dengan sistem koloni. Kamu tidak membutuhkan lahan yang besar. Yang kamu butuhkan hanya kandang-kandang yang disusun dengan rapi. Jika kamu pandai dalam merawatnya, lovebird pun akan cepat dalam beranak pinak.

Toko rumahan

Salah satu inspirasi terakhir untuk budidaya lahan sempit adalah dengan mendirikan toko rumahan. Toko rumahan dapat diisi dengan barang-barang kelontong atau pun produk kerajinan tangan. Kamu dapat mempopulerkan produk melalui berbagai macam media sosial.

Itulah berbagai inspirasi untuk budidaya lahan sempit. Kamu dapat memilih jenis usaha yang paling kamu suka. Tidak ada hasil yang menghianati usaha. Teruslah bekerja keras untuk menggapai inginmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *