Thu. Nov 1st, 2018
tempat-wisata-di-kalimantan-utara

Tempat Wisata Di Kalimantan Utara Yang Memikat

Berbagai tempat wisata di Kalimantan yang banyak belum diketahui, hal ini dikarenakan kurangnya tingkat promosi yang baik. Padahal Kalimantan Utara memiliki potensi yang menarik untuk dikunjungi dan dijadikan tempat wisata karena masih sangat alami.

Seperti yang kita ketahui, Kalimantan Utara adalah sebuah provinsi yang terletak di bagian utara Pulau kalimantan, Indonesia. Berbatasan dengan Negara tetangga yakni Malaysia bagian timur, Kalimantan Utara merupakan Provinsi termuda yang sudah resmi disahkan pada tanggal 25 Oktober 2012 lalu. Provinsi dengan ibukota Tanjung Selor ini, sangat terkenal dengan hutannya yang masih hijau dan alami.

Dengan berbagai obyek wisata menarik, baik wisata alam, budaya, maupun sejarah telah dimilikinya, dan berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Kalimantan Utara yang tidak bisa dilewatkan.

Tempat Wisata di Kalimantan Utara yang Wajib Dikunjungi

Hutan Lindung Sungai Sesayap

Hutan Lindung Sungai Sesayap adalah salah satu tempat wisata di Kalimantan Utara yang paling terkenal, dan kerap didatangi para wisatawan lokal maupun asing. Di tempat wisata hutan yang dilindungi oleh pemerintah ini, anda bisa menikmati keindahan hutan yang masih alami menggunakan perahu disekitar Sungai Sesayap. Selain itu, Hutan Lindung Sungai Sesayap juga merupakan habitat bagi beberapa hewan langka seperti orang utan, kera, pengerat, burung, dan lain sebagainya.

Pantai Amal

Selain wisata hutan, di Kalimantan Utara juga memiliki obyek wisata pantai yang cukup populer yaitu Pantai Amal. Sebagai salah satu tempat wisata di Kalimantan Utara, pantai ini sangat terkenal dengan pesona pasir dan air lautnya yang bersih, serta didukung dengan pepohonan kelapa yang indah menghiasi pesisir pantai.

Penangkaran Buaya Juwata

Tempat wisata di Kalimantan Utara selanjutnya yang cukup terkenal adalah Penangkaran Buaya Juwata. Berlokasi di daerah Karang Harapan dan dengan luas wilayah yang mencapai 5 Hektar, wisata ini telah dibangun sejak tahun 1991 dan kerap di kunjungi para wisatawan dari berbagai daerah.

Rumah Bundar

Rumah Bundar merupakan salah satu tempat wisata di Kalimantan Utara yang tergolong wisata sejarah dan sangat disayangkan jika dilewatkan begitu saja. Karena, Rumah Bundar ini adalah museum peninggalan jaman penjajahan Jepang dan Belanda, yang dimana halaman dan atap rumahnya berbentuk bundar.

Gunung Putih

Gunung Putih termasuk tempat wisata di Kalimantan Utara yang tidak bisa dilewatkan begitu saja, karena tempat ini menyediakan pemandangan yang sangat indah dari atas gunung. Selain itu, wisata gunung ini juga cocok sekali bagi wisatawan yang hobi memanjat tebing, karena medan menuju Gunung Putih cukup menantang. Namun jika anda masih ragu, anda juga bisa menggunakan tangga yang sudah disediakan.

Long Bawan

Apabila anda ingin merasakan keindahan alam Kalimantan Utara, sebaiknya anda berkunjung ke Desa Long Bawan, Kecamatan Krayan. Wisata yang berbatasan langsung dengan daerah Sabah-Malaysia ini, memiliki keunikan tersendiri yakni mayoritas penduduknya asli suku Dayak Lindayeh, yang masih kental dengan adat istiadat seperti sering diadakan upacara adat.

Tempat Wisata di Kalimantan Utara Lainnya;

  • Pantai Tanah Kuning
  • Gunung Rian
  • Museum Kesultanan Bulungan
  • Persemaian Inhutani
  • Pantai Batu Lamapu

Nah, itulah beberapa informasi tentang tempat wisata di Kalimantan Utara menarik untuk didatangi. Semoga bermanfaat dan dapat menambah daftar destinasi liburan anda bersama keluarga dan orang tercinta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *