Inilah Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan

manfaat-jambu-biji-bagi-tubuh

Manfaat jambu biji untuk kesehatan tubuh kita sangat banyak, salah satunya yaitu dapat mengatasi masalah diare. Jambu biji dengan rasanya yang segar, memiliki banyak kandungan vitamin dan gizi yang sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh.

Buah ini memiliki nama latin Psidium Guajava saat ini sering digunakan untuk alternatif mempercepat pengobatan demam berdarah. Dikarenakan banyaknya kandungan vitamin C dan flavonoid, pada buah jambu biji terutama jambu biji yang berwarna merah.

Manfaat buah jambu biji bukan hanya dapat mengatasi masalah demam berdarah atau diare, namun masih banyak sekali manfaat yang diperoleh dari mengkonsumsi buah tersebut. Untuk mengetahui lebih banyak apa saja manfaat dari jambu biji, mari kita simak ulasannya berikut ini.

manfaat jambu biji

Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan Tubuh

Mengontrol Tekanan Dara

Buah jambu biji mengandung senyawa elektrolit yang dikenal dengan nama kalium yang baik bagi tubuh. Oleh sebab itu, mengkonsumsi jambu biji dalam jumlah yang cukup, dapat membatu mengendalikan tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh reaksi natrium.

Memperlancar Sistem Pencernaan

Setelah dilakukan penelitian pada jambu biji oleh para ahli gizi, ternyata jambu biji salah satu buah yang banyak mengandung serat larut sebanyak 5,4 gram dalam satu buahnya. Dengan adanya serat larut tersebut, sistem pencernaan dapat berjalan lancar serta terhindar dari penumpukan kotoran di dalam usus.

Mencegah Penyakit Jantung dan Kanker

Penyakit jantung dan kanker adalah penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan. Namun taukah anda, manfaat jambu biji (terutama jambu biji merah) dapat mencegah penyakit jantung dan kanker yakni dengan cara mengkonsumsinya secara teratur. Hal ini dikarenakan jambu biji telah mengandung lemak rendah dan kalori, yang baik untuk kesehatan jantung dan menghindari penyakit kanker.

Membantu Penyerapan Nutrisi

Didalam buah jambu biji terdapat senyawa lain yang disebut mangan. Dimana dapat dijelaskan bahwa, senyawa mangan tersebut memiliki fungsi yang sangat penting yakni membantu penyerapan nutrisi ketika makanan berasa di dalam usus.

Penagkal Radikal Bebas

Tidak sedikit dari sebagian kita yang mengira, bahwa buah yang memiliki kandungan vitamin C tertinggi adalah jeruk, padahal itu sangat salah. karena jika jeruk dibandingkan dengan jambu biji, maka jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang jauh lebih tinggi. Oleh sebab itu, buah jambu biji ini sangat berperan penting sebagai antioksidan alami yang mampu menangkal radikal bebas.

Menjaga Fungsi Saraf Otak

Setiap orang memiliki cara tersendiri dalam mengkonsumsi buah jambu biji. Bagaimana pun cara mengkonsumsinya jika itu dilakukan secara rutin dan teratur, jambu biji ini sangat bermanfaat untuk menjaga fungsi saraf otak. karena dalam buah jambu biji terkandung vitamin B3 dan B6, yang mampu berfungsi merangsang kerja otak.

Ada pun beberapa efek samping yang ditimbulkan jika mengkonsumsi buah jambu biji dalam jumlah yang berlebihan antara lain seperti; Radang usus buntu, membuat sakit gigi, meningkatkan kadar gula dan bahaya bagi gangguan lambung. Tak lepas apapun akibatkan dari mengkomsumsi jambu biji, tetaplah selalu cek dan konsultasi kesehatan anda kepada dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *