Tue. Oct 30th, 2018
korupsi idrus marham - matajurnal.com

Idrus Marham Pamit Mundur Ke Jokowi, Korupsi?

Matajurnal – Idrus Mahram menyatakan mundur sebagai Menteri Sosial dan Pengurus Partai Golkar. Hal itu dilakukan sebagai bentuk pertanggung jawaban dirinya serta agar bisa berkonsentrasi menghadapi kasus hukum yang sedang menimpanya.

Hal itu disampaikan kepada presiden Joko Widodo, saat berkunjung ke Istana Negara, Jakarta, Jumat (25/08/2018). Sebagai pertanggung jawaban moral saya, saya mengajukan pengunduran diri kepada Bapak Presiden,”ujarnya usai menghadap Joko Widodo.

Idrus Marham Terjerat Kasus Korupsi

Dirinya mengaku tidak membicarakan soal pengganti dengan Presiden. Sebab, itu adalah ranah prerogatif Joko Widodo. Menurutnya, pengunduran diri itu sendiri dikarenakan sudah menerima Surat Pemberitahuan Penyidikan (SPDP) dari KPK, kamis (23/08/2018) sore.

“Kalau sudah ada surat ini kan tingga penetapan tersangka,”kata Idrus

Sebelumnya, ketua KPK Agus Raharjo menjawab diplomatis saat disinggung tersangka baru dalam kasus dugaan suap proyek PLTU Riau-1 adalah Menteri Sosial Idrus Mahram. Ia hanya mengatakan Bahwa Pihaknya bekerja cermat dan hati-hati dalam menangani sebuah perkara.

Idrus Sudah beberapa kali menjalani pemeriksaan penyidik dalam kasus ini. Diduga, Idrus mengetahui soal aliran dana terkait kasus tersebut.

Selain soal aliran dana, Penyidik KPK juga ingin mengklarifikasi sejumlah pertemuan yang diduga pernah dihadiri oleh Idrus dengan sejumlah pihak dan tersangka yang berkaitan dengan pembahasan proyek PLTU Riau-1 senilai USD 900 juta itu.

Kasus ini bermula ketika KPK menagkap Wakil Ketua Komisaris VII DPR dari Golkar Eni Maulani Saragih. Eni ditangkap karena diduga menerima suap dari Johannes Budistrisno Kotjo, pemegang saham Blakckgold Natural Resources Limited dan penangkapan dilakukan dirumah Idrus Mahram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *