LHKPN: Hutang Pribadi Jokowi Mencapai Rp. 1,1 Miliar!

hutang jokowi

Matajurnal – Joko Widodo sebagai calon presiden petahana pada Pilpres 2019, memiliki harta kekayaan mencapai Rp 50 miliar. Jumlah kekayaan itu setelah dikurangi dengan utang yang dimiliki mantan Gubernur DKI jakarta sebesar Rp 1 miliar.

Data kekayaan dan utang Joko Widodo itu di dapat setelah dirinya menyerahkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Penyerahan LHKPN adalah syarat menjadi peserta Pilpres 2019.

hutang jokowi

Jumlah Harta Kekayaan Joko Widodo

Berdasarkan data yang diperoleh dari laman https://elhkpn.kpk.go.id, total harta kekayaan Jokowi mencapai Rp 51 miliar. Dengan begitu, harta Jokowi bertambah Rp 1 miliar selama setahun terakhir. Pada LHKPN Jokowi tahun 2017, harta kekayaannya adalah Rp 49 miliar.

Harta yang dimiliki Joko Widodo meliputi barang bergerak seperti kendaraan bermotor, dan harta tidak bergerak seperti tanah dan bangunan. Berikut aset-aset yang dimiliki oleh Joko Widodo yang tercantum di dalam website elhkpn.kpk.go.id:

  • Kendaraan bermotor senilai Rp 1.083.500.000. Kendaraan yang dimiliki Jokowi terdiri dari Suzuki Pick Up, Isuzu Truck, Motor Yamaha Vega, Mercedes Benz, Daihatsu Espass, Nisan Grand Livina, Isuzu Panther, Toyota Innova, Nissan Juke, Motor Chopperland Chopper.
  • Harta Bergerak Lainnya senilai Rp 360.000.000.
  • Kas dan Setara Kas Lainnya senilai Rp 6.109.234.704.
  • Hutang sebesar Rp 1.192.972.916.

Bila dibandingkan dengan pasangan lawannya, harta Joko Widodo terbilang paling sedikit. Sebab, harta Prabowo Subianto yang akan menjadi rivalnya mencapai Rp 1,9 triliun, dan bakal cawapresnya yaitu Sandiaga Uno mencapai Rp 5 triliun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *