Wed. Oct 31st, 2018
gunung-di-Jawa-Tengah-

5 Gunung di Jawa Tengah Sasaran Para Pendaki

Mendaki merupakan hal yang sangat menyenangkan. Di Jawa Tengah terdapat deretan gunung yang menjadi sasaran para pendaki baik gunung berapi aktif maupun siaga. Ketinggiannya pun beraneka ragam. Berikut deretan gunung di Jawa Tengah yang tepat untuk tempat hiking.

Deretan Gunung di Jawa Tengah

Indonesia memiliki banyak gunung yang tersebar di setiap provinsinya termasuk gunung di Jawa Tengah. Setiap gunung memiliki ketinggian berbeda-beda. Pendaki bisa memilih jenis gunung sesuai keinginannya. Bagi para komunitas pendaki, mencapai ketinggian tertentu merupakan hal yang membanggakan.

Berikut ini jenis gunung di wilayah Jawa Tengah yang perlu kamu ketahui.

Gunung Slamet

 

Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah yakni mencapai 3.432 mdpl. Letak gunung ini berada di Pulau Jawa tepatnya di antara lima Kabupaten Banyumas, Brebes, Purbalingga, Tegal, dan Pemalang. Banyak pendaki yang ingin menaklukkan ketinggian Gunung Slamet.

Gunung Sindoro

Gunung Sindoro memiliki ketinggian 3.150 mdpl berlokasi di Jawa Tengah DIY. Banyak pendaki yang menjadikan Sindoro sebagai tujuan mendaki karena pemandangannya yang menakjubkan. Pendaki akan menikmati indahnya padang sabana yang dipenuhi dengan bunga edelwis.

Gunung Sumbing

Ketinggian Gunung Sumbing mencapai 3. 371 mdpl. Pendaki yang ingin mendaki gunung ini biasanya melewati jalur pendakian Garung di Kabupaten Temanggung. Letak Gunung Slamet, Sindoro, dan Sumbing merupakan rangkaian triple S yang sering menjadi tantangan pendaki untuk menaklukannya karena lokasinya berdekatan.

Gunung Merbabu

Gunung Merbabu terletak di Kabupaten Boyolali, Magelang. Ketinggian gunung ini mencapai 3. 145 mdpl yang menjadi favorite para pendaki. Pemandangan padang sabana dan Edelwis merupakan hal yang sangat memanjakan mata.

Gunung Prau

Ketinggian Gunung Prau memang tidak setinggi deretan gunung diatas yakni hanya 3.000 mdpl. Akan tetapi, keindahan Gunung Prau adalah hal yang sangat indah. Bahkan karena keindahannya, gunung ini dijuluki sebagai gunung tercantik di Jawa Tengah sehingga menjadi favorite para pendaki.

Itulah lima deretan gunung di Jawa Tengah yang statusnya masih aktif dan istirahat. Keindahan gunung tersebut tidak kalah eksotisnya dengan deretan gunung di propinsi lain. Jangan lupa, kunjungi juga tempat-tempat wisata yang ada di jawa tengah seperti; Tempat wisata di Demak, Banjarnegara dan Tegal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *