Ganguan Mental dan Gejala Pada Manusia Yang Jarang di Sadari!

gangguan mental

Matajurnal – Gangguan mental pada manusia, Seperti yang telah kita ketahui, gangguan mental tidak mengenal usia dan jenis kelamin dan siapapun bisa saja mengalaminya. Sayangnya, ada beberapa gangguan mental yang terjadi tanpa disadari oleh si pengidapnya.

Ada banyak gangguan mental yang dapat menyerang kita tanpa di sadari. Seperti kecemasan, ketakutan dan lain sebagainya. Berikut adalah ulasan gangguan mental yang terjadi tanpa disadari:

Gejala dan Gangguan Mental Pada Manusia

gangguan mental

Anxiety Disorder (Gangguan Kecemasan)

Anxiety Disorder merupakan nama lain dari gangguan kecemasan, biasanya ditandai dengan ketakutan dan kecemasan yang berlebihan atau tidak wajar. Meskipun penyebabnya belum diketahui secara pasti, para peneliti menduga karena perubahan pada otak dan setres.

Pengidap gangguan ini biasanya mengalami kecemasan yang disertai dengan munculnya keringat berlebih, pusing, mual, sakit perut, jantung berdebar, sesak napas dan sebagainya.

gangguan mental

Trichotillomania

Ini adalah mental yang membuat pengidapnya ingin selalu menarik rambut. Tak jarang gangguan ini menyebabkan kerontokan rambut hingga kebotakan. BIasanya mereka yang mengalami gangguan ini tidak dapat menahan rasa ingin menarik rambutnya. Berikut Gejalanya:

  • Rasa tegang sebelum menarik rambut atau saat menahan keinginan untuk menarik rambut.
  • Merasa puasa, lega setelah menarik rambut.
  • Munculnya keinginan untuk selalu memeriksa akar rambut, memutar-mutar rambut, mengunyah rambut atau memakan rambut (trichophagia).

gangguan mental

OCD (Obsessive Compulsive Disorder)

OCD adalah salah satu jenis gangguan kepribadian yang ditandai dengan kecemasan dan perilaku berulang (kompulsi). Orang yang menderita Obsessive Compulsive Disorder cenderung melakukan sesuatu hal secara berulang-ulang.

Misalnya memeriksa pintu atau jendela lebih dari tiga kali sebelum pergi meninggalkan rumah, merapikan barang berdasarkan warna dan beberapa perilaku lainnya. Tiga cirinya antara lain: Menyukai keteraturan, Takut kotor, Serta takut salah dan disalahkan.

gangguan mental

Eating Disorder (Gangguan Pola Makan)

Gangguan ini biasanya terlihat dari kecemasan yang muncul akibat berat badan dan makanan yang dimakan. Oleh karena itu penderita eating disorder sering mengubah kebiasaan makannya karena khawatir berat badannya bertambah meski makan sedikit. Gangguan ini bisa menyebabkan:

  • Bulimia, Yaitu kelainan yang membuat pengidapnya memuntahkan setiap makanan yang sudah dimakan. Ini dilakukan secara spontan untuk mencegah kenaikan berat badan.
  • Anoreksia, Yaitu kelainan yang membuat penderitanya terobsesi untuk memiliki tubuh kecil atau berat badan yang sedikit. Biasanya penderitanya melakukan apa saja untuk menurunkan berat badan, meski dengan diet yang ekstrim.

Inilah seputar gejala dan gangguan mental pada manusia yang jarang disadari. Bagi anda atau orang disekitar anda yang dirasa mengalami gejala gangguan mental seperti diatas, segera memeriksakannya kepada dokter untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *