Sat. Dec 1st, 2018

Polemik Gaji Ketua Dewan BPIP dan Tanggapan Jokowi

Presiden Jokowi Menanggapi hitung-hitungan gaji pejabat dan anggota Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) yang menuai pro dan kontra. Presiden menjelaskan tidak ikut campur dalam hitung-hitungan besaran nilai gaji tersebut.

“Itu kan sudah berangkat dari hitung-hitungan dan analisa di kementerian-kementerian yang ada. Sekali lagi itu bukan dari perhitungan kita loh ya. Hitung-hitungan dari kementerian,” kata Jokowi di Uhamka, Jakarta Timur, Selasa (29/5/2018).

Angka tersebut kata Jokowi adalah hasil perhitungan dan analisis dari Kementerian Keuangan serta Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB).

“Iya itu kan ada mekanismenya ya. Mengenai analisa jabatan itu kan ada di Kemenpan. Kemudian mengenai jumlah dan nilai gaji itu yang mengalkulasi di Kemenkeu,” Dan besarnya gaji itu sudah termasuk dalam tunjangan kerja dan asuransi, ujar Jokowi.

“Saya kira kalkulasi dan perhitungan tolong ditanyakan ke Kemenkeu. Dan mengenai analisa jabatan dan lain-lain tanyakan ke Kementerian PANRB,” jelas Jokowi saat berbicara di depan awak media.

Sebelumnya, Jokowi telah meneken Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 42 Tahun 2018 tentang Hak Keuangan dan Fasilitas Bagi Pimpinan Pejabat dan Pegawai Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP).

Dalam Perpres itu disebutkan gaji pimpinan dan anggota BPIP mencapai puluhan hingga ratusan juta. Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Dewan Pengarah BPIP digaji sebesar Rp 112.548.000. Pendapatan ini sedikit memicu opini sebagian masyarakat Indonesia.

Sri Mulyani menyatakan, pada dasarnya, gaji pokok dan tunjangan jabatan yang diterima Dewan Pengarah BPIP, termasuk Megawati Soekarnoputri sebagai ketua, sama dengan yang diterima oleh pejabat pemerintah lain.

“Gajinya Rp 5 juta, tunjangan jabatan Rp 13 juta. Asuransi kesehatan, asuransi kematian masuk di situ Rp 4 juta-5 juta komponen transportasi dan komunikasi,” ujar dia di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (28/5/2018).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *