Fungsi Jurnal Kesehatan

jurnal-kesehatan

Pengertian jurnal kesehatan adalah jurnal yang menyajikan artikel tentang pengetahuan dan informasi yang berkaitan dengan dunia kesehatan yang telah teruji secara ilmiah dan orisinil. Jurnal hasil riset ini merupakan alat publikasi untuk menyampaikan perkembangan dunia kesehatan. Pesatnya pertumbuhan dan kemajuan di bidang teknologi juga memudahkan pengaksesan jurnal kesehatan.

Adanya jaringan internet memberikan peranan penting akan tumbuhnya penerbitan jurnal elektronik. Tak bisa dipungkiri jika orang-orang lebih senang menggunakan informasi electronic-based dibanding dengan paper-based. Itu karena akan lebih mudah mencari informasi yang diinginkan melalui mesin pencari di internet.

jurnal kesehatan

Biasanya para mahasiswa berburu jurnal kesehatan ini untuk referensi mengerjakan karya tulis untuk tugas akhir ataupun tugas kuliah. Sangat banyak informasi yang beragam yang disajikan. Anda dapat mencari yang segala informasi melalui internet dan mengunduhnya melalui sistem gratis maupun berbayar.

Namun, kebanyakan jurnal kesehatan ini memberikan sistem berbayar per artikel. Hal ini seringkali menjadi hambatan bagi tenaga medis ataupun peneliti di Indonesia maupun negara berkembang yang lain. Informasi terbaru dan penting dalam dunia kesehatan sangatlah dibutuhkan untuk mengembangkan pendidikan, layanan kesehatan dan penelitian.

jurnal kesehatan

Fungsi jurnal kesehatan

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari jurnal kesehatan, diantaranya adalah:

  1. Sebagai media untuk mendiskusikan dan menyebar luaskan berbagai jenis tulisan ilmiah yang berhubungan dengan kesehatan.
  2. Sebagai media komunikasi bagi para tenaga kesehatan di rumah sakit swasta maupun pemerintah, departemen kesehatan dan dinas kesehatan. Selain itu juga sangat berguna untuk kalangan yang peduli dengan kesehatan.
  3. Sebagai media pengembangan dan penyebaran IPTEK dalam dunia kesehatan.

Jadi tak mengherankan bila keberadaan jurnal kesehatan ini sangat dicari keberadaanya. Kebanyakan jurnal yang dicari adalah jurnal kesehatan dari luar negeri dengan menggunakan bahasa Inggris. Dengan begitu, mau tak mau para penggunanya harus bisa menguasai Bahasa Inggris untuk memahaminya.

Melalui jurnal kesehatan ini, banyak temuan baru akan dikomunikasikan dan para ahli lain dapat membantu menyempurnakan kebenaran ilmunya agar menjadi lebih baik. Adanya berbagai jenis jurnal kesehatan ini nantinya juga akan menjadi investasi jangka panjang untuk meningkatkan sumber daya manusia.

Baca Juga ;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *