Inilah Fakta Global Kesehatan Remaja

kesehatan-remaja

Kepedulian terhadap kesehatan remaja menjadi salah satu fokus dari instansi kesehatan baik tingkat nasional maupun global. WHO sebagai badan kesehatan tingkat dunia mengumpulkan data menarik mengenai perkembangan kesehatan anak muda diseluruh dunia. Hasil tersebut menjadi fakta global yang perlu disebarluaskan agar ada partisipasi dari individu. Berikut fakta-faktanya.

Fakta Tentang Kesehatan Remaja Secara Keseluruhan

Fakta 1: Angka meninggalnya remaja sangat tinggi

kesehatan remaja

Pada tahun 2015, tercatat sebanyak 1,2 juta remaja meninggal dunia. Angka tersebut menunjukkan bahwa setidaknya ada 3000 remaja meninggal setiap harinya. Kematian tersebut disebabkan oleh penyakit yang sebenarnya bisa dicegah dan diobati. Namun angka kematian tertinggi disebabkan oleh kecelakaan lalu lintas.

Penyakit yang menyebabkan tingginya angka meninggalnya remaja tersebut banyak dipengaruhi oleh penyakit seperti infeksi pernafasan, bunuh diri serta diare. Infeksi pernafasan ini diakibatkan oleh gaya hidup serta kondisi lingkungan. Sedangkan bunuh diri disebabkan oleh depresi.

Fakta 2: Angka kelahiran pada remaja juga tinggi

kesehatan remaja

Kelahiran pada remaja merupakan salah satu isu kesehatan remaja. Mengapa? Hal ini berkaitan dengan kesehatan organ reproduksi dan kesehatan mental remaja. Perlu diingat bahwa terjadinya kelahiran oleh remaja bisa berakibat pada isu-isu kesehatan. Mengingat organ tubuh remaja belum sempurna untuk melakukan proses ini.

Data yang dihimpun menunjukkan bahwa setidaknya dari 1000 perempuan berumur 15 hingga 19 tahun ada 44 dari mereka yang melahirkan. Hal ini sangat memprihatinkan mengingat umur mereka yang masih muda. Dari angka tersebut, banyak kasus yang terjadi ni geara berkembang dan negara miskin. Minimnya pengetahuan menjadi salah satu faktor yang memengaruhi tingginya angka tersebut.

Fakta 3: Gangguan kesehatan mental pada remaja adalah nyata

kesehatan remaja

Gangguan kesehatan mental pada remaja sangat rentan terjadi. Tidak hanya karena mereka mengalami pubertas, namun faktor lingkungan dan pergaulan juga berkontribusi terhadap penyakit ini.

Setidaknya separuh dari gangguan mental terjadi pada umur 14. Disebutkan pula bahwa penyebabnya banyak yang tidak terdeteksi serta tidak teratasi.

Informasi ini berguna bagi kita untuk menanamkan pengetahuan mengenai moral, etika serta kesehatan pada remaja. Kontribusi dalam mengatasi kesehatan remaja akan mendorong terciptanya generasi yang sehat.

Baca Juga ;

Manfaat Memakai Gelang Kesehatan Magnet

Fungsi Jurnal Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *