Tue. Oct 16th, 2018

5 Fakta Seputar Gerhana Bulan Terlama 28 Juli 2018!

Matajurnal – Diakhir bulan ini kita akan disajikan fenomena alam gerhana bulan yang ditandai dengan bulan purnama yang terlihat meredup. Menariknya, peristiwa tersebut akan menjadi sejarah, karena akan menjadi gerhana bulan terlama pada abad ke 21.

Selain menjadi fenomena gerhana bulan terlama, kami juga telah merangkum beberapa fakta menarik lainnya tentang gerhana tersebut. Berikut adalah fakta ulasannya.

Seputar Gerhana Bulan 2018

Gerhana Bulan Terlama di Abad ke 21

Fenomena yang akan terjadi pada 28 Juli 2018 akan menjadi gerhana bulan dengan durasi terlama dari yang pernah ada. Karena bulan akan sepenuhnya tertutup oleh wilayah yang paling gelap dari bayangan Bumi yang sering disebut dengan Umbara.

Kejadian itu akan berlangsung selama 103 menit (1 jam 43 menit). Disisi lain, gerhana juga akan terjadi penumbral dan fase parsial dengan waktu sekitar 6 jam lebih 14 menit.

Gerhana Bulan ke 2 Pada 2018

Super blu blood moon terlihat dari monumen perjuangan pembebasan Irian Barat. Fenomena langka ini terjadi bertepatan saat bulan berada dalam konfigurasi supermoon dan blue moon yang terjadi dalam kurun waktu 150 tahun sekali.

Sebelumnya ini terjadi pada 31 Januari 2018 dengan fenomena langka yang mengkombinasikan tiga fenomena sekaligus yakni Bluemoon, Supermoon dan total lunar eclipse. Kejadian langka itu terjadi 152 tahun silam. Kedua gerhana bulan akan terjadi lagi pada 28 Juli 2018.

Posisi Bumi Yang Pas

Penampakan fenomena gerhana bulan total dari langit Makasar, Sulawesi Selatan 31 Januari 2018. Gerhana yang pernah terjadi 152 tahun lalu akan menampilkan tiga fenomena alam sekaligus yaitu Supermoon, Bluemoon dan Bloodmoon.

Gerhana bulan yang akan terjadi pada 28 Juli 2018 akan memiliki durasi yang lama. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa bumi akan berada di titik terjauh dari matahari pada saat gerhana (membuat bayangan bumi lebih luas dan lebih panjang).

Terlihatnya Planet Mars Saat Gerhana

Fakta unik dari lainnya dari gerhana bulan ini juga akan memperlihatkan planet Mars. Planet Mars juga akan terlihat dari bumi selama fenomena berlangsung. Namun masyarakat yang ingin melihatnya membutuhkan satu set teleskop.

Dapat di Lihat Beberapa Negara

Fenomena alam ini akan terlihat di beberapa negara. Diantaranya Eropa, Asia, Selandia Baru, Australia dan sebagian Amerika Selatan. Menariknya, gerhana bulan ini bisa dilihat dengan mata telanjang tanpa alat bantu atau teleskop.

Inilah seputar fakta unik Gerhana Bulan terlama yang akan terjadi pada 28 Juli 2018. Hal ini akan menjadi sejarah unik yang amat sangat sayang jika tidak melihatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *