Etika Bisnis Dan Aspek-Aspeknya Yang Perlu Diketahui

etika-bisnis

Mata Jurnal Artikel Bisnis

Mengetahui Etika Bisnis Dan Aspek-Aspeknya – Etika bisnis merupakan suatu pengetahuan mengenai aturan ideal dalam pengaturan dan pengelolaan suatu bisnis dengan memperhatikan norma dan moralitas. Sesuai dengan hukum yang berlaku, etika dalam bisnis ini merupakan suatu aturan cara menjalankan bisnis secara adil yang tidak tertulis.

Baca juga
Mengapa Branding Adalah Hal Yang Penting Dalam Bisnis

Seperti yang kamu tahu, bahwa etika dalam berbisnis merupakan suatu hal yang sangat penting dalam suatu perusahaan. Untuk membangun suatu perusahaan yang memiliki daya saing yang tinggi dan kokoh, diperlukan suatu landasan yang kokoh pula. Etika bisnis ini biasanya dimulai dengan perencanaan strategis, sistem prosedur yang transparan dengan dukungan perusahaan yang telah handal, serta organisasi yang baik.

etika bisnis

Aspek-Aspek Dan Sudut Pandang Dalam Etika Bisnis

Sudut pandang ekonomi

Bisnis merupakan terjadinya interaksi antara produsen dengan pekerja, produsen dengan produsen dalam suatu organisasi kegiatan ekonomi. Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan suatu keuntungan bagi setiap pihak. Seperti yang kita ketahui, bahwa keuntungan dalam berbisnis tidak diperuntukkan untuk satu pihak saja, namun melibatkan pihak lain.

Sudut pandang etika bisnis

Berorientasi pada profit dalam berbisnis memanglah sudah wajar. Namun, jangan sampai keuntungan yang didapat tersebut akan merugikan pihak yang lainnya. Jadi, dalam melakukan suatu bisnis haruslah dipikirkan kepentingan dan keuntungan bersama.

Sudut pandang hukum

Kegiatan berbisnis memang sudah terikat dengan yang namanya Hukum Dagang dan Hukum Bisnis. Hukum tersebut merupakan suatu bagian paling penting dalam urusan berbisnis. Dalam suatu hubungan berbisnis pada taraf nasional ataupun internasional, banyak sekali masalah muncul karena hukum yang ada. Hukum merupakan suatu sudut pandang normatif yang menetapkan apa yang wajib dilakukan dan apa yang dilarang.

Sebagai seorang pebisnis kamu harus tahu beberapa prinsip etika bisnis penting dalam pengembangan suatu usaha, antara lain:

  1. Prinsip Otonomi
  2. Prinsip Kejujuran
  3. Serta Prinsip Keadilan, dan
  4. Prinsip Saling Menguntungkan

Semua prinsip etika berbisnis di atas, bertujuan untuk memberikan aturan cara yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan didirikannya bisnis tersebut. Prinsip tersebut dapat menjadi keuntungan dalam kelangsungan berjalannya bisnis yang kamu jalankan dengan pihak lain.

Etika bisnis ini bisa kamu terapkan saat ingin menjalankan suatu bisnis. Dengan memahami aspek dan prinsip etika berbisnis, dijamin kamu akan berhasil dengan bisnis yang akan dijalankan. Semua keuntungan dan kelancaran bisnis tergantung kepada kamu dan pihak lawan pengembang bisnis tersebut.

Artikel Bisnis Lainnya ;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *