Dahsyat, Erupsi Gunung Agung: Warga Di Minta Waspada!

Matajurnal – Meletus nya gunung agung di Kabupaten Karangasem, Bali malam tadi dengan memuntahkan abu setinggi 2.000 meter diatas puncak. Hal ini membuat seluruh warga di sekitar gunung Agung panik dan berhamburan keluar rumah.

Secara visual, teramati kolom abu berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong kearah barat. Data yang dikeluarkan para Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) berdasarkan rekaman di seismograf bawah erupsi amplitudo maksimum 24 milimeter dengan durasi 7 menit 21 detik.

Erupsi Gunung Angung!

Erupsi kali ini terjadi secara strombolian, dengan suara dentuman. Lontaran Lava pijar teramatik ke luar kawah mencapai jarak dua kilometer. Dentuman gunung setinggi 3.142 meter dari permukaan laut ini terdengar keras oleh sejumlah warga.

Secara kegempaan terjadi Gempa Letusan terjadi 1 kali, Hembusan 10 kali, dan low frekuensi terjadi 3 kali. “Status Gunung Agung saat ini masih berada di level III,”

Hal ini membuat warga panik dan melakukan evakuasi secepat mungkin dan sempat timbul kemacetan. Kepala kantor pencarian dan pertolongan Denpasar, Ketut Gede Ardan menjelaskan, instansinya telah mengerahkan personil dari Pos SAR Karangasem dengan truk.

“Personel di Pos SAR Buleleng, juga sudah siap dan akan bergerak ke arah Kubu untuk membantu evakuasi warga. Tim rescue di Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar yang berada di Jimbaran, juga siap untuk dikerahkan,” ujarnya saat di wawancarai.

Dari pengamatan pukul 00.00 hingga 06.00 Wita secara visual ada asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dan kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal dan tinggi 2000 meter di atas puncak kawah.

Masyarakat, wisatawan atau pendaki masih dilarang beraktivitas dalam radius 4 kilometer dari puncak gunung Agung. Zona perkiraan bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan yang paling aktual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *