Macam-Macam Contoh Surat Bisnis Berbagai Tujuan

Contoh-Surat-Bisnis

Memahami Contoh Surat Bisnis – Dalam suatu perusahaan, kita mengenal beberapa contoh surat bisnis resmi yang sering digunakan. Surat bisnis tersebut merupakan suatu surat resmi yang digunakan oleh perseorangan ataupun suatu lembaga, untuk menyampaikan suatu pesan bisnis kepada pihak yang bersangkutan. Dalam pengiriman surat bisnis antar perusahaan, biasanya mereka menggunakan jaringan internet, pos, dan fax.

Sudah menjadi ketentuan bahwa setiap surat yang masuk ke dalam suatu perusahaan, mulai dari yang kecil hingga besar haruslah menggunakan surat bisnis. Dengan surat bisnis inilah, kedua belah pihak perusahaan akan saling menghargai satu sama lain. Namun, sudahkah kamu tahu mengenai jenis-jenis surat bisnis? Baiklah, pada kesempatan ini kami akan berbagi informasi mengenai jenis contoh surat bisnis yang sering dikirim dan diterima oleh perusahaan.

Contoh Surat Bisnis

Jenis-Jenis Surat Bisnis

Surat Perintah Kerja (SPK)

Surat Perintah Kerja merupakan suatu surat resmi yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan atau lembaga resmi kepada pegawainya untuk melakukan suatu tugas tertentu. Dengan surat ini, maka secara resmi pegawai tersebut haruslah mematuhi perintah yang sudah tertulis dalam SPK tersebut.

Surat Lamaran Pekerjaan

Surat Lamaran Pekerjaan ini merupakan salah satu jenis surat resmi yang ditulis oleh perseorangan untuk meminta permohonan pekerjaan. Jenis surat lamaran kerja ini biasanya berisi tentang permohonan kerja yang ditulis dengan bahasa yang baku dan sopan.

Surat Keterangan Perjanjian Bisnis

Surat Keterangan Perjanjian Bisnis ini biasanya dibuat oleh sebuah perusahaan atau lembaga tertentu dalam melakukan suatu kerjasama bisnis. Jenis surat bisnis ini nantinya akan dijadikan sebagai bukti tertulis untuk menetapkan kewajiban dan pelanggaran yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak.

Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

Surat izin ini merupakan suatu surat bisnis yang berisi tentang jaminan atas izin usaha yang diberikan oleh suatu badan atau lembaga tertentu. Jika suatu saat terjadi suatu pelanggaran oleh pembuat izin usaha perdagangan tersebut. Maka pelaku akan dijatuhi hukuman yang sesuai dan siap untuk kehilangan untuk jaminan yang sudah diberikan.

Jenis-jenis contoh surat bisnis di atas hanya berlaku di suatu perusahaan ataupun lembaga tertentu. Bagi kamu yang akan melakukan suatu kegiatan yang berhubungan dengan perusahaan dan lembaga resmi. Akan lebih baik jika kamu menggunakan surat bisnis dalam menulis sebuah perizinan atau perjanjian, seperti contoh surat bisnis yang ada di atas.

Baca Juga ;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *