Contoh Proposal Usaha Yang Baik Dan Benar

contoh-proposal-usaha

Artikel Bisnis – Mata Jurnal

Inilah Contoh Proposal Usaha – Modal adalah salah satu hal terpenting untuk membangun suatu usaha, baik itu usaha rumahan, sampingan atau usaha kecil menengah. Dengan adanya modal yang cukup, semua usaha atau bisnis yang akan Anda lakukan pasti akan berjalan dengan mudah.

Untuk mendapatkan modal tersebut, Anda bisa mengajukannya ke pihak Bank dengan pengajuan proposal. Namun, sudahkah Anda tahu bagaimana proposal usaha untuk diajukan ke Bank? Baiklah, kami akan memberikan contoh proposal usaha untuk mencairkan dana modal usaha.

Contoh Proposal Usaha

Susunan Pembuatan Proposal Usaha

Di bawah ini adalah susunan untuk contoh proposal usaha yang baik dan benar.

BAB Pendahuluan

Bab pendahuluan sangatlah penting untuk memperkenalkan latar belakang usaha, visi & misi Anda, dan juga gambaran singkat mengenai usaha yang akan Anda jalankan.

Profil Badan Usaha

  • Anda harus menguraikan secara singkat jenis usaha yang akan Anda jalankan dan jelaskan model bisnisnya.
  • Nama perusahaan adalah nama yang akan selalu diingat oleh para pelanggan Anda. Jadi, Anda harus menuliskan nama perusahaan di proposal usaha.
  • Pemilihan lokasi usaha juga sangat penting dalam berbisnis. Yang perlu Anda lakukan adalah menuliskan lokasi lengkap untuk usaha Anda. Selain itu, sertakan juga peta dan denah lokasi ke dalam proposal usaha ini.

Struktur Organisasi Perusahaan

Setiap perusahaan pasti membutuhkan struktur organisasi yang meliputi pemilik perusahaan, manager, HRD, marketing, pengelola, dan lain-lainnya. Tulislah secara lengkap sistem organisasi perusahaan Anda.

Produk Perusahaan

  • Produk merupakan yang terpenting dalam bisnis, jadi Anda harus memiliki produk pasti yang akan dijual kepada pelanggan. Sebutkanlah dengan lengkap produk yang akan diproduksi oleh perusahaan Anda.
  • Tulislah secara lengkap bagaimana cara pembuatan produk Anda.
  • Sebutkanlah keunggulan produk Anda.

Target Pasar

Di bagian proposal ini Anda harus menyebutkan target yang akan dituju untuk penjualan produk perusahaan.

Promosi dan Pemasaran

Jelaskanlah tentang strategi pemasaran dan promosi yang akan Anda lakukan.

Laporan Keuangan

Di bagian ini yang perlu Anda cantumkan adalah alokasi dana, perhitungan laba dan juga perhitungan bagi hasil dengan pihak investor.

Penutup

Penutup ini berisi tentang penegasan terakhir untuk usaha Anda agar meyakinkan investor.

Lampiran yang perlu disertakan antara lain biodata pemilik usaha, surat perjanjian, surat izin usaha dan sertifikat usaha.

Contoh proposal usaha yang baik dan benar bisa Anda susun dengan mudah. Untuk membuat suatu usaha yang berpotensi besar perkembangannya, maka pilihlah produk yang menarik. Selain itu, yang terpenting adalah pertimbangkan juga target pasar untuk produk Anda.

Baca Juga ;

Cara Sukses dalam Menjalankan Usaha Makanan

Rekomendasi Bisnis Waralaba Modal Kecil Yang Menjanjikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *