Contoh Laporan Keuangan Sederhana Yang Wajib Dimengerti Pelaku Usaha

Contoh-laporan-keuangan-sederhana

Contoh laporan keuangan sederhana merupakan pengetahuan penting yang pastinya akan sangat bermanfaat untuk bisnis kamu. Tidak hanya seorang akuntan yang wajib mengerti urusan buat laporan keuangan. Namun seorang pebisnis seperti kamu pun juga harus bisa dan paham benar mengenai hal tersebut. Meskipun bukan kamu yang melakukan, dengan mengetahui ilmu ini kamu akan lebih mudah mengelola bisnis.

Laporan keuangan sendiri dapat diartikan sebagai catatan atau info keuangan sebuah perusahaan atau usaha bisnis yang merupakan lukisan keadaan atau kinerja perusahaan tersebut. Adapun manfaat mengerti ilmu membuat laporan keuangan adalah agar kamu, sebagai pemegang menejemen ataupun pemimpin bisnis lebih mengerti situasi keuangan perusahaan. Dengan laporan keuangan ini, kamu dapat mengevaluasi kinerja perusahaan untuk menjadi lebih baik di kemudian hari.

Baca juga
Mengapa Branding Adalah Hal Yang Penting Dalam Bisnis

Contoh Laporan Keuangan Sederhana

Contoh laporan keuangan sederhana

Contoh laporan keuangan sederhana tergantung pada jenis laporan keuangan yang wajib kamu tahu di dalam usaha berikut dengan penjelasannya. Adapun jenis-jenis laporan keuangan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut;

Laporan laba rugi

Contoh laporan keuangan sederhana yang pertama yaitu laporan laba rugi yang disebut juga dengan income statement atau profit lost statement. Laporan ini menjabarkan hal yang berkenaan dengan semua unsur pendapatan serta beban perusahaan. Tujuan dari laporan laba rugi ini adalah untuk memahami laba atau rugi bersih yang dihasilkan. Sementara fungsi utama dari laporan ini adalah untuk menyajikan informasi performa bisnis yang dibutuhkan dalam memprediksi situasi ekonomi internal perusahaan di masa mendatang.

Laporan perubahan modal

Laporan perubahan modal menggambarkan informasi mengenai kuantitas yang dimiliki oleh sebuah usaha dalam kurun waktu beberapa tahun tertentu. Isi dari laporan ini mencakup besarnya pergantian modal yang telah terjadi, lengkap dengan penyebab perubahan modal tersebut.

Laporan neraca

Laporan neraca mirip dengan balance sheet, yaitu salah satu contoh laporan keuangan sederhana yang membuktikan kondisi, informasi, ataupun posisi keuangan usaha pada tanggal tertentu. Manfaat adanya laporan ini adalah untuk melihat kuantitas aktiva yang bersifat harta atau aset, kewajiban bersifat utang, dan ekuitas yang menjadi modal perusahaan. Jika disingkat, maka laporan ini menyangkut 3 hal, diantaranya yaitu aset, liabilitas, dan ekuitas.

Laporan arus kas

Laporan arus kas atau disebut juga dengan cash flows merupakan contoh laporan keuangan sederhana milik perusahaan, yang digunakan sebagai pembuktian aliran dana yang masuk dan nampak kas perusahaan pada suatu periode akuntansi. Tujuan dari laporan ini adalah sebagai indicator kuantitas arus kas di era mendatang.

Contoh laporan keuangan sederhana bisa dibuat berdasarkan dengan 4 jenis laporan keuangan yang telah dijabarkan di atas. Setiap laporan keuangan tentu berbeda dengan yang lain tergantung jenis laporan yang akan digarap, seperti laporan neraca, laporan arus kas, laporan laba rugi, ataupun laporan perubahan modal.

Baca juga;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *