Cara Efektif Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

kesehatan-mulut-dan-gigi

Kesehatan Mulut dan Gigi – Sebagian besar asupan baik dalam bentuk makanan maupun minuman masuk kedalam tubuh kita melalui mulut. Maka wajar bila kebersihan dan kesehatan mulut dan gigi perlu dijaga. Pada dasarnya mulut merupakan organ vital bagi tubuh yang memiliki peran sangat penting, yakni sebagai alat berbicara, makan dan minum.

Kebersihan mulut dan gigi yang buruk bukan hanya menyebabkan sakit pada bagian mulut, sakit gigi, bau mulut, menurunkan rasa percaya diri. Bahkan juga dapat berakibat fatal seperti penyakit jantung maupun penyakit yang lainnya. Agar terhindar dari segala jenis penyakit yang disebabkan dari mulut, maka begitu pentingnya menjaga kesehatan mulut dan gigi sejak dini.

menjaga kesehatan mulut dan gigi

Membersihkan mulut minimal dua kali sehari supaya kesehatan mulut terjaga, dan berikut ini adalah cara efektif supaya mulut dan gigi tetap sehat.

Cara Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

  • Menyikat gigi dengan baik dan benar minimal 2 kali sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur, pastikan sikat gigi yang anda gunakan bersih.
  • Sisa makanan yang meyempil pada sela gigi, bersihkan dengan menggunakan benang gigi.
  • Jangan tunggu sikat gigi anda mekar atau mengembang, dan pilihlah sikat gigi yang berbulu lembut. Dengan bentuk kelapa sikat yang mampu menjangkau seluruh permukaan bagian gigi dan mulut.
  • Gunakan cairan kumur antiseptik atau yang tidak mengandung alkohol setelah gosok gigi.
  • Sering-sering mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung C dan B12, supaya gusi anda kuat dan dapat mengurangi pendarahan.
  • Bersihkan permukaan lidah yang sangat sensitif, guna mengurangi pertumbuhan bakteri.
  • Kurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung gula atau rasa manis lainnya.
  • Rajin-rajin ke dokter gigi minimal setiap 6 bulan sekali.

Demikian cara-cara menjaga kesehatan mulut dan gigi yang harus selalu diperhatikan supaya mulut tetap sehat dan siap menebar senyum dengan penuh percaya diri. Jangan lupa baca juga cara menjaga kesehatan jantung dan beberapa tips kesehatan lainnya.

Baca juga;

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal.

Manfaat Kulit Lemon bagi Kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *