Cara Menjaga Kesehatan Ginjal, Jangan Tunggu Sakit

ginjal

Jurnal Kesehatan – Cara Menjaga Kesehatan Ginjal – Ginjal merupakan organ ekskresi dalam vertebrata yang berbentuk seperti kacang. Organ ini berfungsi sebagai penyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya bersamaan dengan air dalam bentuk urin. Di dalam tubuh manusia terdapat sepasang ginjal yang terletak persis pada daerah dekat pinggang. Kesehatan ginjal sangat penting untuk dijaga, karena apabila ginjal mengalami kerusakan atau sudah tidak sehat. Makan akan beresiko terkena diabetes, darah tinggi, gagal ginjal atau biasa dikenal dengan penyakit ginjal.

Namun tau kah anda cara menjaga kesehatan ginjal yang baik dan benar? Melalui artikel ini, kami akan memberi tahu bagai mana cara menjaga kesehatan ginjal supaya ginjal anda sehat dan berfungsi secara normal.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Minum Air Putih yang Cukup

Jurnal Kesehatan - Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Seperti yang disarankan oleh dokter wajib meminum air putih sebanyak 2 liter per hari sangat penting, karena itu adalah salah satu cara menjaga kesehatan ginjal. Pasalnya meminum air putih yang cukup, ginjal dalam tubuh dapat bekerja secara optimal. Selain untuk menjaga kesehatan ginjal, air putih juga sangat bermanfaat bagi kesehatan organ tubuh yang lain seperti jantung, hati, mata dan organ tubuh lainnya.

Rajin Berolahraga

Jurnal Kesehatan - Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Olahraga merupakan aktivitas salah satu cara menjaga kesehatan ginjal yang paling mudah dilakukan dan banyak sangat banyak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Bergeraknya tubuh kita dengan rajin berolahraga, maka dapat membuat proses pembentukan urin dalam tubuh berjalan lancar. Oleh sebab itu, pentingnya olahraga secara rutin dapat membebaskan anda dari penyakit ginjal, serangan jantung, serta penyakit-penyakit lainnya.

Menjaga Pola Makan

Jurnal Kesehatan - Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Menjaga Pola Makan juga menjadi salah satu cara menjaga kesehatan ginjal yang sangat penting. Karena dengan makan teratur dan memakan makanan yang bergizi dapat membuat organ ginjal lebih sehat serta tidak memaksa ginjal bekerja lebih keras. Ada beberapa pilihan makanan sehat yang baik untuk ginjal seperti daging putih tanpa lemak, buah-buahan dan sayur-sayuran organik, serta jauhi makanan yang bersifat instan yang mengandung garam berlebih.

Kontrol Tekanan Darah

Jurnal Kesehatan - Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Setelah dilakukan penelitian oleh para ahli kesehatan, Tekanan darah yang tinggi dapat memicu terkena penyakit ginjal. Maka dari itu, perlunya menjaga tekanan darah dengan cara seperti tidak mudah emosi, hindari stres, dan selalu berfikir jernih. Mungkin sebagian orang menganggap cara menjaga kesehatan ginjal seperti ini sepele. Namun para dokter pun mengatakan bahwa ini adalah cara yang paling handal untuk menjaga kestabilan tekanan darah.

Baca juga: Cara menjaga kesehatan jantung dan beberapa tips kesehatan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *