Cara Menghitung Keuntungan Usaha yang Baik dan Benar

cara-menghitung-keuntungan-usaha

Cara Menghitung Keuntungan Usaha – Bagi seorang pengusaha, cara menghitung keuntungan usaha amatlah penting. Dari jumlah keuntungan yang di dapatkan, kamu akan mengetahui kemajuan usahamu. Di sisi lain kamu akan terbantu untuk mengembangkan lagi usaha yang sedang kamu tekuni.

Bagaimana cara menghitung keuntungan usaha yang sedang kamu jalankan dengan baik? Ada 2 hal yang harus dilihat untuk mengetahui keuntungan yang kamu dapatkan. Hal tersebut adalah pendapatan dan beban. Mudahnya, kamu akan mengetahui keuntungan dari pendapatan yang dikurangi beban.

Baca juga
Mengapa Branding Adalah Hal Yang Penting Dalam Bisnis

Akan tetapi sebagai pengusaha yang profesional, tentunya kamu harus tahu cara menghitung keuntungan usaha secara detail dan benar. Supaya tidak merugi, ada hal yang perlu kamu ketahui. Biaya produksi dan harga jual ke konsumen adalah 2 komponen utama untuk menentukan keuntunganmu.

cara menghitung keuntungan usaha

2 cara menghitung keuntungan usaha

1. Langkah pertama, identifikasi biaya produksi

Pertanyaannya, bagaimana menentukan biaya produksi ? Kamu bisa mengidentifikasikan dari biaya pengeluaran awal atau biasa disebut modal awal. Contoh biaya produksi misalnya adalah biaya sewa gedung, gaji karyawan dan biaya penyusutan. Dari situ kamu bisa melihat seberapa banyak modal yang terserap.

Dari poin ini, kamu juga bisa menentukan harga jual produk yang kamu jual. Modal awal yang jelas akan bermanfaat dalam kalkulasi untung-rugi suatu usaha.

Menekan biaya produksi seminimal mungkin, akan membuat keuntungan yang lebih banyak. Jadi kamu harus pintar dalam manajemen biaya produksi dengan semaksimal mungkin.

2. Langkah kedua, jangan lupa mencatat laba dan rugi

Ada dua jenis laba yaitu laba bersih dan laba kotor. Keduanya tentunya berbeda. Dari hasil penjualan produk, kamu akan mendapatkan laba kotor. Di mana laba kotor adalah laba bersih ditambah nilai produksi.

Kamu baru bisa merasakan keuntungan yang diperoleh dari laba bersih. Hal tersebut bisa kamu gunakan untuk kebutuhan sehari-hari atau juga bisa kamu jadikan modal tambahan untuk mengembangkan usaha.

Kamu harus paham, betapa pentingnya menghitung pendapatan dan beban dalam suatu usaha. Hal tersebut bisa dijadikan sarana sebagai cara menghitung keuntungan usaha. Jika kamu tidak bisa mengkalkulasikan dengan baik dan benar untung-rugi usahamu, maka akan membuat usahamu bangkrut.

Baca juga;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *