Fri. Oct 19th, 2018
Cara-Menghitung-Bunga-KPR-

2 Cara Menghitung Bunga KPR yang Perlu Kamu Ketahui

Cara Menghitung Bunga KPR – Kamu perlu mengetahui cara menghitung bunga KPR sebelum mengambil keputusan kredit. KPR atau kredit pemilikan rumah dipilih sebagai alternatif membeli rumah dengan mudah. Tanpa harus menunggu dalam waktu yang lama, kamu bisa segera mewujudkan impian memiliki hunian nyaman untuk keluarga tercinta.

Akan tetapi harga rumah yang ditawarkan dengan cara KPR akan jauh berbeda. Tentunya akan lebih mahal. Yang membuat harga lebih mahal adalah bunga yang ditawarkan, terutama ketika kamu mengambil KPR di bank konvensional.

Baca juga
Mengapa Branding Adalah Hal Yang Penting Dalam Bisnis

Tahukah kamu bagaimana cara menghitung bunga KPR?

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah lewat KPR, ada baiknya kamu harus tahu macam-macam bunganya. Bunga KPR memang cukup tinggi. Itu tergantung dengan jumlah pinjaman dan lama pinjaman. Ada beberapa jenis bunga KPR yang perlu kamu pahami.

Ada 2 jenis bunga yaitu bunga mengambang (floating) dan bunga tetap (fixed). Pada bunga mengambang atau floating, jumlah bunga akan berubah-ubah berdasarkan tingkat bunga yang telah ditetapkan oleh bank. Sedangkan pada bunga tetap (fixed), jumlah besarnya bunga tidak akan berubah. Jadi otomatis kamu akan membayarkan bunga sesuai dengan perjanjian awal.

Lalu, bagaimana menentukan kisaran jumlah bunga untuk KPR. Ada 2 metode yang digunakan dalam menghitung bunga KPR. Metode tersebut adalah metode efektif dan metode flat.

1. Pertama, metode efektif

Dalam hal ini, cara menghitung bunga KPR dari saldo pokok bunga pinjaman sebelumnya. Jumlah bunga merupakan perkalian dari suku bunga dengan sisa pokok pinjaman.

Metode ini adalah modifikasi dengan metode anuitas. Hal ini untuk mengatur jumlah angsuran pokok dan bunga yang dibayarkan sama per bulannya.

2. Kedua, metode flat

Sedangkan pada metode flat bank, cara menghitung bunga KPR dari pokok pinjaman awal. Perbedaan dengan metode efektif adalah jumlah bunga akan menurun karena cicilan semakin menurun.

Kamu akan membayar jumlah bunga yang menurun setiap bulannya. Ini karena setiap bulan saldo pokok pinjaman akan berkurang seiring dengan cicilan.

Metode perhitungan bunga KPR akan mempengaruhi besar kecilnya cicilan yang harus dibayarkan. Dengan memahami metode perhitungan bunga, maka kamu akan tahu cara menghitung bunga KPR dengan mudah.

Baca juga;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *