Tue. Oct 16th, 2018
cara menghilangkan uban - cara mencegah uban - cara mengatasi uban

Cara Menghilangkan Uban Dengan Mudah dan Aman!

Matajurnal – Cara menghilangkan uban terbaik yang muncul di usia muda adalah dengan mengetahui penyebab kemunculannya. Meski jarang berkaitan dengan masalah kesehatan, resiko dan kemungkinan ini tetap akan ada dan menghantui kita semua.

Konsultasikan dan bicara dengan dokter terkait untuk mengetahui status kesehatannya. Apabila uban diakibatkan oleh penyakit tiroid atau kekurangan vitamin B12, penyakit tersebut harus ditangani dahulu agar uban bisa hilang. Berikut adalah cara menghilangkan uban:

Cara Menghilangkan Uban di Usia Muda

Mewarnai Rambut

Mewarnai rambut merupakan cara menghilangkan uban dengan cepat dan efektif. Beragam pilihan juga banyak tersedia. Jika tidak ingin cat yang permanen, cobalah spray-on airbrush hair make-up. Namun hasilnya akan hilang begitu rambut di cuci.

Lalu bagaimana jika uban terlalu banyak? Kalian dapat menggunakan pewarna permanen, khususnya jika uban telah menyebar sebanyak 50% pada bagian rambut anda.

Cegah Uban Makin Banyak di Usia Muda

Apa bila timbulnya uban baru memasuki fase awal kemunculan, mungkin kalian dapat mencegahnya agar tidak semakin banyak. Cara menghilangkan uban dalam pencegahan diataranya mengurangi styling rambut, mulai dari blicing, hair draying dan lain sebagainya.

Disarankan juga tidak menggunakan bahan kimia yang keras pada rambut. Menghindari paparan panas secara langsung juga bisa diterapkan, baik dari alat kencantikan maupun sinar matahari.

Menghindari Rokok

Sebuah penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara kebiasaan merokok (perokok) dengan kemunculan uban sebelum usia 30 tahun. Penemuan ini semakin menguatkan fakta bahwa merokok tidak memberikan manfaat apapun untuk kesehatan tubuh kita.

Selain itu, kalian yang tidak merokok masih berisiko menjadi perokok pasif. Asap rokok bisa membuat kalian terpapar nikotin. Bahan kimia berbahaya ini tetap dapat masuk ke dalam darah dan berdampak pada kesehatan.

Mengkonsumsi Makanan Yang Menyehatkan Rambut

Cara menghilangkan uban juga bisa melalui makanan yang bergizi. Kemunculan uban dapat dipengaruhi oleh kekurangan zat gizi tertentu. Jadi kalian perlu mencukupi kebutuhan zat-zat gizi tersebut dengan bahan makanan berikut ini:

  • Kacang kenari
  • Ikan
  • Biji-bijian
  • Sayuran berdaun hijau
  • Ayam

Jika dibutuhkan, kalian juga dapat mengkonsumsi suplemen vitamin B6, B7, B12, D dan E untuk mencegah munculnya uban. Namun jangan mengkonsumsinya secara berlebihan. Tetaplah jaga pola makan dan imbangi dengan konsumsi air mineral yang cukup.

Berikan Perawatan Pada Rambut

Cara menghilangkan uban yang satu ini juga membuat rambut semakin sehat. Kalian dapat memangkas rambut hingga rapih dan memotong ujung yang rusak. Cuci rambut secara teratur dan jagalah kulit kepala kalian agar tetap bersih.

Hindari pula penggunaan sampo secara berlebihan. Terlalu sering menggunakan sampo dapat menjadikan rambut kering dan rapuh. Cukup dengan keramas dua kali seminggu atau sesuai kebutuhan rambut dan gunakan pelembab pada rambut.

Jauhi Radikal Bebas

Penyebab utama munculnya uban memang berasal dari faktor genetik, tapi stres oksidatif akibat radikal bebas turut andil dalam merusak sel dan menyebabkan timbulnya uban lebih cepat. Karena itu, salah satu cara menghilangkan uban adalah dengan menghindari sumber radikal bebas seperti:

  • Asap Rokok
  • Polusi
  • Pola makan tinggi lemak dan gula
  • Konsumsi alkohol berlebihan
  • Radiasi

Inilah seputar cara menghilangkan uban di usia muda dengan aman dan tidak membahayakan. Bagi anda yang mengalami masalah uban pada usia muda, dapat mencoba beberapa tips berikut ini. Jangan lupa melakukan konsultasi kepada dokter tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *