Tue. Oct 16th, 2018
cara menghilangkan komedo - cara membersihkan komedo - matajurna

8 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami Dan Mudah !

Matajurnal – Cara menghilangkan komedo, umumnya komedo muncul di pelipis, hidung, dagu, pipi, dan dahi. Kerja kelenjar minyak yang berlebihan menjadikan wajah lebih berisiko memiliki komedo. Perubahan hormon menjadi penyebab umum selain faktor gen.

Terdapat dua jenis komedo yang dapat muncul di wajah anda, yaitu komedo putih dan hitam. Jika dibiarkan komedo dapat menumpuk dan merusak penampilan,

Bagai mana cara menghilangkan komedo secara alami tanpa memicu gangguan lain pada wajah? Berikut ini adalah enam cara menghilangkan komedo yang bisa anda coba:

Cara Menghilangkan Komedo

Cara Membersihkan Komedo dengan Buah Stroberi

Stroberi sudah terbukti memiliki manfaat baik untuk tubuh, termasuk wajah dan dapat mencegah timbulnya jerawat dan menghilangkan komedo.

  • Siapkan tiga buah stroberi dan haluskan.
  • Kemudian campur dengan satu sendok madu.
  • Kompres wajah dengan air hangat.
  • Lalu, oleskan secara merata pada bagian wajah yang berkomedo lalu pijat melingkar dengan ringan.
  • Diamkan selama 15 menit lalu bersihkan dengan air dingin,

Fungsi air hangat untuk membuka pori-pori pada wajah, agar campuran stroberi dan madu dapat meresap dengan merata. Ditambah dengan efek pijatan yang secara tidak langsung dapat merileksasi dan mengencangkan kulit. Untuk hasil maksimal, lakukan tiap minggu.

Manfaatkan Uap Air Hangat

Didihkan air sebanyak satu liter, lalu pindahkan air mendidik kedalam panci atau baskom. Posisikan wajah kalian diatas air panas tersebut sehingga uap yang hangat langsung mengenai wajah. Kalian dapat menggunakan kain untuk menutup wajah agar tidak terlalu panas.

Tahan posisi ini selama kurang lebih 5-10 menit, lalu bersihkan wajah dengan kain atau handuk. Hal ini dapat membuat pori-pori wajah terbuka, serta meminimalkan proses penyumbatan kotoran, sel kulit mati dan minyak berlebih sebagai penyebab terjadinya komedo.

Perasan Jeruk Lemon

Cara menghilangkan komedo secara alami dan mudah dilakukan selanjutnya adalah dengan menggunakan perasan jeruk lemon. Seperti yang telah kalian ketahui, jenis buah ini sangat bagus untuk tubuh, terutama pada kandungan gizi dan vitamin C nya yang berlimpah.

  • Siapkan satu buah kapas wajah dan sebuah jeruk lemon.
  • Peras buah lemon dan pisahkan airnya pada wadah.
  • Celupkan kapas kedalam air perasan jeruk lemon.
  • Bersihkan wajah dengan air dan oleskan kapas disekitar wajah yang berkomedo.
  • Diamkan selama 10-15 menit, lalu bersihkan wajah dengan air dingin.

Selain dapat membersihkan minyak berlebih pada wajah, perasan jeruk lemon juga akan memicu pertumbuhan sel-sel baru dan mengencangkan kulit wajah. Anda dapat melakukannya setiap hari sebelum tidur.

Menggunakan Sereal Gandum Dan Yogurt

Siapkan Empat sendok sereal gandum untuk dicampurkan dengan dua sendok yoghurt murni. Sebagai tambahan yang bermanfaat, campurkan satu sendok perasan lemon dan satu sendok madu. Campurkan semua bahan hingga merata lalu oleskan pada baguan wajah yang berkomedo.

Diamkan 20 menit agar minyak di wajah dapat diserap oleh sereal dan menarik kotoran serta sel-sel kulit mati yang menumpuk. Setelah itu bersihkan dengan air hangat.

Cara Mengatasi Komedo Dengan Baking Soda

Menggunakan baking soda dapat mengangkat komedo akan memberikan efek pengelupasan kulit alami pada kulit wajah yang berminyak, tertempel kotoran, sel-sel kulit mati hingga komedo. Berikut adalah caranya:

  • Anda bisa menggunakan baking soda dengan takaran satu sendok kecil.
  • Campurkan dengan sedikit air dan aduk hingga merata seperti pasta kental.
  • Oleskan pada bagian wajah yang berkomedo dan telah dibersihkan atau di kompres dengan air hangat.

Diamkan 5-10 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini setiap tiga kali seminggu sebelum tidur.

Menggunakan Cuka Apel

Cuka dari sari apel memiliki sifat antibakteri dan antimikroba, sehingga dapat mengurangi inflamasi dan dipercaya mampu membantu menghilangkan komedo pada wajah. Cairan bersifat asam ini juga dapat mengeringkan serta mengecilkan pori-pori kulit wajah.

Manfaat ini bisa kalian dapatkan dengan mencampurkan segelas air hangat (sekitar 230 mili) dengan dua sendok makan cuka apel. Selanjutnya, oleskan campuran ini ke area komedo dan biarkan selama 20 menit sebelum membersihkannya dengan air.

Aloe Vera Cara membersihkan Komedo

Aloe vera memiliki sifat antibakteri, antiinflamasi dan oksidan, sehingga dipercaya baik untuk kesehatan kulit. Meski begitu, aloe vera lebih umum dihunakan untuk mengatasi jerawat. Sedangkan untuk menghilangkan komedo masih membutuhkan penelitian lebih lanjut dan tetap bisa digunakan.

Menemukan tanaman ini secara langsung mungkin agak sulit. Oleh karena itu, kalian dapat membeli produk dengan kandungan esktraknya yang sudah dijual secara umum.

Cara Mengangkat Komedo Dengan Masker Putih Telur

Seperti yang kita ketahui, bau dari putih telur tidak enak, tapi bahan alami ini kaya akan nutrisi dan dikenal mampu menghilangkan komedo. Anda bisa menggunakannya sendiri dengan tambahan madu. Berikut adalah cara menggunakannya:

  • Bersihkan wajah dengan sabun dan keringkan.
  • Oleskan putih telur pada bagian wajah yang berkomedo dan tunggu hingga kering.
  • Setelah kering, tambahkan olesan putih telur lagi sebanyak tiga kali dan diamkan selama 15 menit.
  • Bersihkan masker putih telur dengan menggunakan kain basah yang sudah di celupkan dengan air hangat.

Sedangkan untuk penggunaan putih telur dengan madu, berikut caranya:

  • Bersihkan wajah dengan kompresan air hangat.
  • Campurkan putih telur dengan madu dan aduk hingga merata.
  • Oleskan pada bagian kulit wajah yang berkomedo hingga merata.
  • diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hangat.
  • lalu bilas kembali dengan air dingin.

Cara mengilangkan komedo secara alami ini juga perlu didukung dengan pola hidup yang sehat. Seperti mulai mengurangi makanan berminyak, begadang, serta tambahkan lebih banyak sayuran dan buah dalam menu makan. Terakhir perbanyak minum air putih setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *