Mon. Dec 3rd, 2018
flek-hitam

Tips dan Cara Menghilangkan Flek Hitam Akibat Sinar Matahari

Jurnal Kesehatan – cara menghilangkan flek hitam di wajah – Pancaran sinar matahari tak jarang menimbulkan hasil yang menyebalkan, hal ini dapat menimbulkan Flek hitam dan jerawat yang merusak keindahan wajah. Alhasil berbagai perawatan pun dilakukan untuk memudarkan dan menghilangkan noda kusam diwajah.

Tak perlu bersedih, berikut adalah trik yang bisa dilakukan untuk menghilangkan noda hitam di wajah akibat paparan sinar matahari, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah

Gunakan bahan alami.

Jurnal Kesehatan – cara menghilangkan flek hitam – Sederet bahan alami yang memiliki kandungan pencerah kulit, seperti lemon dan pepaya dipercaya dapat menghilangkan noda hitam di wajah. Lemon mengandung vitamin C, serta pepaya yang memiliki enzim papain yang tak hanya bisa menghilangkan noda hitam di wajah.

Krim pencerah kulit

Jurnal Kesehatan – cara menghilangkan flek hitam – Cara lain yang ampuh dalam mengusir flek hitam adalah menggunakan krim yang mengandung bahan pencerah kulit. Kendati demikian, sebelum menggunakan krim pencerah kulit, pastikan Anda berkonsultasi kepada dokter untuk menentukan mana yang tepat untuk kulit.

Apalagi terdapat kandungan berbahaya dalam krim pencerah kulit, seperti merkuri. Kandungan hydroquinon pun yang aman adalah kisaran 2%-4%.

Chemical peeling

Jurnal Kesehatan – cara menghilangkan flek hitam – Chemical peeling menggunakan asam laktat atau glikolik dengan kadar persentase yang tinggi sehingga bisa menghilangkan noda hitam di wajah. Umumnya, noda atau flek hitam di wajah akan hilang selama 6-10 kali tindakan, bergantung dari setiap jenis wajah seseorang.

Di awal-awal tindakan, chemical peeling dapat menyebabkan wajah menjadi kemerahan. Namun, itu merupakan hal yang lazim terjadi sehingga Anda tak perlu khawatir.

Pakai sunscreen

Jurnal Kesehatan – cara menghilangkan flek hitam – Mencegah lebih baik daripada mengobati. Karena itu, penting untuk selalu mengaplikasikan tabir surya (sunscreen) dengan kandungan SPF setiap sebelum beraktivitas. Sunscreen berguna untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang memicu timbulnya noda hitam.

Perawatan Masker Wajah

Jurnal Kesehatan – cara menghilangkan flek hitam – Kalian dapat melakukan cara menghilangkan flek hitam ini sebelum tidur atau saat memiliki waktu luang di rumah. Penggunaan Masker wajar tergolong mudah dan simpel, kalian dapat menggunakan yang sudah terjual di pasar swalayan atau membuatnya sendiri dengan bahan alami seperti masker bengkoang, masker beras, masker kentang dan sebagainya.

Samarkan dengan make-up

Jurnal Kesehatan – cara menghilangkan flek hitam di wajah – Cara lain untuk menyamarkan noda hitam adalah menggunakan make-up. Anda bisa memulaskan foundation dan concealer sebagai andalan. Caranya, aplikasikan foundation di seluruh wajah, lalu terapkan concealer di bagian wajah yang bernoda atau mengalami flek, ratakan dengan jari atau kuas.

Setelah anda mengetahui beberapa tips menghilangkan flek hitam membandel yang ampuh dan aman di atas, cara mana yang akan anda gunakan? Diluar dari beberapa cara diatas yang anda pilih, pastikan bahwa anda melakukannya dengan telaten. Ketelatenan adalah yang terpenting.

Karena hasil yang maksimal dan aman pastinya akan membutuhkan waktu, seperti halnya pembentukan flek hitam itu sendiri pun membutuhkan waktu. Semoga tips kesehatan ini bermanfaat dan selamat mencoba ya, jangan lupa lihat jurnal kesehatan lainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *