Sat. Dec 1st, 2018
cara menghilangkan bekas luka

7 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami!

Matajurnal – Cara menghilangkan bekas luka secara alami, bekas luka yang muncul merupakan sebuah tahapan proses penyembuhan pada luka. Namun tidak dapat dipungkiri, bahwa kehadiran bekas luka dapat mengganggu keindahan kulit anda.

Ada beragam cara mudah yang dapat dilakukan di rumah untuk menghilangkannya. Mari kita coba beberapa langkah cara alami menghilangkan bekas luka di kulit tubuh anda.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami

Menggunakan Lidah Buaya Pada Bekas Luka

Lidah buaya tidak hanya berfungsi sebagai penyembuh alami dan lembut kulit. Tanaman ini telah diketahui dapat membantu menghilangkan bekas luka secara alami. Caranya cukup oleskan lidah buaya pada bagian bekas luka yang ingin dihilangkan sebelum tidur.

Pudarkan Bekas Luka Dengan Lemon

Lemon kaya akan vitamin C yang dipercaya dapat mencerahkan warna kulit dan bekas luka. Kandungan didalamnya seperti Alpha Hydroxy Acids (AHA) pada buah kuning ini membantu mengangkat kulit mati dan merangsang pembentukan kulit baru.

Cara menggunakannya sangat mudah, kalian hanya perlu mengoleskan 1 sendok teh air perasan lemon menggunakan cotton bud pada bekas luka. Lalu diamkan selama 10 menit, kemudian basuh hingga bersih.

Manfaat Kunyit

Cara menghilangkan bekas luka secara alami dengan menggunakan kunyit. Rempah kelompok kurkuma ini mengandung 5% kurkumin yang dapat menurunkan resiko peradangan dan oksidasi yang akan menenangkan sel-sel kulit pada tubuh kalian.

Rempah ini mempunyai efek positif  terhadap kolagen dan jaringan kulit. Sifat antioksidan dan antimikroba pada kunyit dapat membantu menyembuhkan luka serta mengurangi bekas luka.

Menggunakan Madu

Ternyata madu juga dapat menghilangkan bekas luka secara alami dan hal tersebut berkat kandungan dan sifat yang dimiliki di dalam madu. Pasalnya madu mengandung beragam mineral, kalium, kalsium, serta zat besi dan memiliki sifat antiinflamasi juga antibakteri serta dapat mendorong regenerasi jaringan kulit.

Beberapa jenis luka termasuk luka bakar, bekas jerawat dapat diatasi. Penggunaan madu pada bekas luka juga dinilai minim resiko dibandingkan produk bahan kimia, apalagi jika madu mentah organik. Kalian cukup mengoleskan pada bagian bekas luka sebanyak 3 kali sehari.

Menggunakan Bawang Bombay

Ekstrak bawang bombay disebut dapat menghentikan fibroblasi,yakni sel yang menghasilkan jaringan parut pada kulit. Tidak hanya itu,  ekstrak bawang bombay juga dapat menghilangkan bekas luka hingga mengurangi perubahan warna pada kulit.

Kemampuan tersebut mungkin terjadi karena kandungan antioksidan quercertin dalam bawang bombai. Kalian dapat menggunakan langsung air perasan bawang putih untuk dioleskan pada bekas luka dengan rutin.

Minyak Kelapa

Vitamin E membantu produksi kolagen yang dapat menyamarkan bekas luka. Tidak hanya itu, minyak ini pun mengandung asam lemak dan mikronutrien lain yang dapat membantu mengatasi kerusakan kulit karena sifat antiinflamasi juga antioksidannya.

Kalian dapat menggunakan minyak ini pada beragam kondisi, mulai dari keloid hingga bekas jerawat. Bula dioleskan secara teratur, hasil dapat di lihat setelah 15 hari.

Minyak Zaitun

Bahan alami selanjutnya yang dapat menghilangkan bekas luka adalah minyak zaitun. Minyak zaitun kaya akan antioksidan dan ragam vitamin ( K,E,A,C,B1,B2,D) juga zat besi. Kandungan tersebut dapat membantu regenerasi sel, mencegah hiperpigmentasi dan menyamarkan bekas luka.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kalian bisa mengoleskannya pada bekas luka. Setelah itu beri pijatan lembut dan tunggu selama 5 menit agar minyak meresap dengan sempurna. Selanjutnya kalian dapat membersihkannya dengan air hangat.

Nah ini lah cara menghilangkan bekas luka secara alami yang mungin dapat kalian coba dirumah. Jika anda ingin menggunakan beberapa bahan diatas di jadikan satu, sebaiknya lakukan konsultasi dulu kepada dokter yang terkait untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *