Fri. Oct 19th, 2018

Cara Mengatasi Telat Datang Bulan Secara Ampuh dan Alami!

Setiap wanita pasti merasa cemas ketika tamu bulanan yang datang tanpa diundang terlambat datang beberapa hari dari jadwal. Terlambat datang bulan pun bermacam-macam periodenya, mulai dari beberapa hari, hingga ada yang berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan.

Terlambat datang bulan dapat dikarenakan oleh berbagai faktor, seperti ketidakseimbangan hormon, makanan yang tidak seimbang, turunnya berat badan, masalah tiroid, atau penyakit ovarium. Jadi tidak melulu terlambat datang bulan berarti seorang wanita sedang menjalani kehamilan.

Panduan & Cara Mengatasi Telat Datang Bulan

Konsumsi Peterselin

Salah satu cara mengatasi terlambat datang bulan adalah dengan mengonsumsi daun parsley (peterseli). Hal ini dikarenakan daun peterseli dapat menyebabkan uterus (rahim) berkontraksi sehingga mempercepat pengeluaran darah menstruasi yang terhambat. Untuk mengonsumsi parsley, anda dapat menggabungkannya dengan dengan teh. Caranya :

  • Rebus daun parsley hingga beberapa saat, kemudian air rebusannya digunakan untuk menyeduh teh, sehingga rasanya tidak terlalu pahit.
  • Dengan kemampuannya untuk membuat rahim berkontraksi ini, sebaiknya daun peterseli dihindari oleh ibu yang sedang hamil, juga dihindari oleh wanita yang memiliki masalah dengan ginjalnya.

Minum Jahe

Selain digunakan dalam berbagai masakan, rimpang jahe ternyata juga cukup efektif untuk mengatasi masalah terlambat datang bulan. Jahe juga mengandung zat zingerone yang dapat mengurangi rasa sakit atau kram pada perut saat seorang wanita mengalami menstruasi.

Mengonsumsi jahe ternyata juga dapat membuat uterus berkontraksi, sehingga merangsang darah menstruasi keluar dari dalam rahim. Selain melancarkan dan mencegah rasa sakit, jahe juga sangat kaya akan antioksidan yang sangat baik meredakan rasa sakit saat menstruasi.

Memakan parutan jahe mentah dapat menyebabkan rasa pedas karena kandungan zat zingerone nya. Oleh karena itu, cara terbaik meminum jahe adalah dengan menyeduhnya bersama teh. Untuk Anda yang menginginkan siklus menstruasi normal kembali, cobalah minum 2-3 gelas teh jahe setiap harinya.

Perhatikan Asupan Makanan

Hal kedua yang harus Anda lakukan adalah memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan lebih banyak mengonsumsi makanan yang memiliki kuah hangat seperti kuah soto, sup, dan sebagainya. Makan pula sayur-sayuran berdaun hijau yang dapat mengatur siklus menstruasi Anda menjadi lebih baik.

Untuk siklus menstruasi yang teratur, tambah pula konsumsi jus buah, terutama jus wortel serta jus anggur. Sementara itu, sementara hindari konsumsi kafein dan alkohol, kalau bisa tidak sama sekali hingga siklus mulai normal kembali. Sebagai gantinya, Anda dapat mengonsumsi susu.

Mengkonsumsi Pare

Dibalik rasanya yang pahit ini, ternyata buah pare sangat bermanfaat untuk mengatasi terlambat datang bulan. Pare sangat kaya akan vitamin, zat seng, magnesium, folat, zat besi, beta karoten, kalsium dan kalium. Seluruh kandungan nitrisi tersebut dapat membantu pengaturan siklus menstruasi yang lebih teratur.

Jika Anda tidak terlalu suka buah pare pun, Anda dapat mencoba menggabungkan pare yang sudah dikukus dengan bumbu kacang atau kecap seperti pada pare siomay, sehingga rasa pahitnya tidak begitu kentara. Atau bisa pula mengonsumsi pare bersama dengan gado-gado atau pecel untuk mengurangi rasa pahit di mulut.

Pepaya Muda

Pepaya muda manfaat untuk mencegah siklus menstruasi yang tidak teratur. Hal ini dikarenakan pepaya mentah mengandung zat-zat yang dapat menyeimbangkan kontraksi pada rahim dan mengatur kadar hormon yang seimbang untuk memperlancar keluarnya darah menstruasi.

Selain dijadikan tumisan, ada pula orang-orang yang menyukai pepaya mentah yang dijadikan salad. Selain memperlancar menstruasi, rasa sakit pun berkurang dan selanjutnya menstruasi akan datang secara berkala dan teratur.

Mengkonsumsi Biji Lobak

Selama ini lobak hanya dimakan pada bagian umbinya. Namun ternyata lobak memiliki biji yang muncul setelah tumbuhannya berbunga. Mengonsumsi biji lobak juga dikenal sebagai salah satu cara untuk mengatasi telat datang bulan secara alami.

Berikut adalah beberapa langkahnya:

  • Ambil setengah genggam biji lobak dan haluskan menggunakan ulekan.
  • Ambil 2 sendok makan bubuk biji lobak yang sudah halus, campurkan ke dalam satu gelas susu sapi.
  • Minum campuran tersebut sekali sehari selama minimal 3 bulan
  • Rasakan perubahan yang alami, menstruasi Anda kembali normal.

Kompres Air Hnagat

Kompres hangat selain dapat mengurangi rasa sakit dan kram yang timbul saat menstruasi, ternyata juga dapat membantu mengatasi siklus menstruasi yang tidak teratur. Hal ini dikarenakan saat suhu di sekitar perut meningkat, maka aliran darah pun juga semakin lancar sehingga menstruasi pun lebih lancar.

Latihan Fisik

Salah satu cara yang paling sederhana serta efektif dalam mengontrol periode datang bulan yang teratur adalah dengan melakukan aktivitas fisik. Hal ini disebabkan jika tubuh rutin bergerak melaksanakan latihan fisik, tubuh mampu menjaga keseimbangan hormonnya, serta mengurangi stres sehingga datang bulan menjadi lebih teratur.

Anda dapat mencoba berbagai latihan aktivitas fisik, seperti misalnya yoga yang sangat baik dalam mengatasi masalah datang bulan ini. Karena saat berolahraga ada zat kimia yang dapat dikeluarkan untuk mengatur siklus menstruasi yang teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *