Fri. Oct 19th, 2018
cara mengatasi mata lelah - penyakit mata - obat sakit mata

Cara Mengatasi Mata Lelah Dengan Mudah Tanpa Efek Samping!

Matajurnal – Cara mengatasi mata lelah, Mata lelah dideskripsikan sebagai gangguan mata yang disebabkan oleh penggunaan mata dalam jangka waktu lama tanpa istirahat. Hal ini akan membuat mata, otot dan beberapa sel syaraf di sekitarnya kelelahan.

Kelelahan pada mata umumnya terjadi akibat beberapa faktor yang intens, seperti terlalu lama membaca, menyetir kendaraan dengan jarak tempuh yang jauh, melihat secara terus-menerus dalam ruangan minim cahaya dan menatap layar tv, hp atau laptop.

Bagaimana Cara Mengatasi Mata Lelah?

Gejala yang seringkali dirasakan adalah mata terasa nyeri, kering, pedih atau gatal, berair, pandangan kabur atau berbayang dan mata lebih sensitif terhadap cahaya.

Untuk mengatasi kondisi mata lelah, berikut adalah cara mengatasi mata lelah yang bisa kalian terapkan:

  • Pilih pencahayaan ruangan yang sesuai; hindari cahaya yang terlalu terang, baik dari lampu atau sinar matahari, karena dapat menyilaukan mata dan membuat anda sulit menatap ke layar yang dapat memicu mata lelah.
  • Mengatur pencahayaan layar komputer, tv, gadget dengan kontras yang sesuai kebutuhan. Atau gunakan filter pada layar, agar tidak terlalu menyilaukan.
  • Perhatikan posisi perangkat digital (layar laptop atau smartphone); jarak layar dengan mata yang direkomendasikan adalah 50-60 cm atau sepanjang lengan anda. Sedangkan saran tinggi layar adalah sejajar mata atau lebih rendah.
  • Istirahat secara berkala selama 30-60 detik; pada aturan ini kalian perlu mengalihkan pandangan dari layar setiap 20 menit. kemudian fokus kepada pandangan lain yang berjarak kurang lebih 6 meter selama 30-60 detik.
  • Mengompres mata dengan kain yang direndam air hangat, atau menggunakan tetes mata untuk menyegarkan mata saat mata mulai terasa kering.
  • Jangan lupa untuk berkedip.

Jika cara diatas dirasa kurang efektif, kalian dapat melakukan konsultasi lebih lanjut kepada dokter spesialis mata. Hal ini dilakukan agar mata anda tetap terjaga dengan baik dan terhindar dari beberapa penyakit mata yang berbahaya.

Bagi kalian yang sudah mengalami beberapa gejala pada mata anda, sebaiknya langsung merubah kebiasan-kebiasan yang dapat membuat mata menjadi lelah. Kalian dapat mengatasi mata lelah dengan beberapa cara diatas agar tidak lelah dan mengalami gangguan pada mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *