5 Cara Menambah Tinggi Badan Secara Alami

Memiliki tinggi badan yang ideal adalah impian semua orang. Selain dapat menambah rasa percaya diri, memiliki tinggi badan yang ideal juga terbukti memberi banyak kemudahan. Oleh karena itu banyak orang mencari tahu tentang bagaimana cara menambah tinggi badan secara alami.

Tak ayal banyak metode – metode cara menambah tinggi badan diluaran sana yang meraja lela. Mulai dari Obat-obatan, Suplemen, alat olahraga hingga dengan cara operasi.

Tinggi Badan Tergantung Masa Pertumbuhan

Secara umum dapat disimpulkan bahwa rata-rata wanita mengalami masa puncak pertumbuhannya pada umur 11 hingga 12 tahun, sementara laki-laki pada umur 13 tahun dan akan berakhir ketika masa pubertas juga berakhir, akan tetapi faktor hormon juga mempengaruhi.

Dari sanalah pernyataan bahwa umur maksimal seorang wanita bertambah tinggi adalah umur 18 tahun sementara pada pria adalah 21 tahun karena pada kisaran usia tersebutlah masa pubertas berakhir.

Namun pernyataan tersebut sangatlah relatif karena banyak faktor yang mempengaruhinya, salah satu contoh adalah jika dari segi genetik sudah baik ditambah lagi dengan asupan gizi yang juga baik maka akan berdampak pada baiknya sistem metabolisme tubuh.

Cara Menambah Tinggi Badan

Jika sistem metabolisme tubuh tetap baik ketika masa pubertas sudah selesai, kemungkinan pertumbuhan masih tetap ada sampai umur 23 tahun atau bahkan umur 25 tahun. Dengan kata lain, sebelum Anda melakukan cara berikut untuk menambah tinggi badan, pastikan Anda masih berada pada masa pertumbuhan.

Berikut adalah cara menambah tinggi badan secara alami yang perlu Anda ketahui:

1. Makanan

Pada masa pertumbuhan, nutrisi yang bersumber dari makanan akan digunakan oleh tubuh dengan semaksimal mungkin, oleh karena itu pastikan mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi seperti protein, vitamin dan mineral yang dapat memaksimalkan pertumbuhan tubuh.

Jenis-jenis vitamin yang dapat membantu memaksimal pertumbuhan tubuh adalah Vitamin A, Vitamin B komplek, Vitamin C dan Vitamin D yang bisa diperoleh secara alami dengan mengkonsumsi buah-buahan, sayuran segar, telur, daging serta ikan.

Sementara protein, mineral, kalsium dan zat besi bisa diperoleh secara alami dengan cara mengkonsumsi susu, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, daging merah serta ikan secara teratur.

2. Olahraga

Olah raga teratur juga membantu melancarkan metabolisme tubuh dengan cara melancarkan peredaran darah sehingga tubuh dapat menyerap nutrisi yang masuk secara maksimal terutama nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan tulang.

Hampir semua jenis olah raga baik untuk pertumbuhan namun yang paling direkomendasikan untuk membantu memaksimalkan pertumbuhan adalah berenang, basket, lari dan melompat. Selain berenang, lari dan melompat bisa dilakukan oleh siap saja dan tanpa perlu latihan khusus.

Namun tetap pastikan bahwa kegiatan tersebut tidak dilakukan secara berlebihan, karena justru dapat menyebabkan cedera yang dapat berakibat sangat fatal. Dengan kata lain jangan terlalu di porsir.

3. Gaya Hidup Sehat

Yang dimaksud dengan gaya hidup sehat tidak hanya tentang olah raga teratur atau makan makanan bergizi, pola keseharian juga termasuk seperti tidur teratur, tidak bergadang, minum alkohol dan tidak merokok. Karena kalian pasti tau Bahayanya.

Tubuh juga membutuhkan waktu untuk istirahat dimana waktu tidur Anda akan digunakan oleh tubuh untuk merecharge kembali energi yang sudah digunakan seharian. Proses tersebut termasuk juga mengembalikan keseimbangan hormon serta mengurangi tingkat stress yang mungkin Anda alami.

4. Senam Yoga

Senam Yoga juga merupakan salah satu aktifitas olah tubuh yang sangat direkomendasikan untuk membantu menambah tinggi badan. Hanya saja yoga tidak seperti olah raga lainnya, diperlukan disiplin yang sangat tinggi untuk melakukan yoga.

Selain itu kebanyakan orang yang melakukan yoga juga memiliki postur tubuh yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Selain itu diperlukan latihan yang didampingi oleh instruktur bersertifikat untuk memaksimalkan hasilnya. Namun jika Anda dapat melakukan yoga dengan baik maka hasilnya justru akan jauh lebih baik dibandingkan dengan olah raga lainnya.

5. Banyak Minum Air Putih

Sudah menjadi rahasia umum bahwa air putih memiliki banyak khasiat serta manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Walaupun minum air putih saja tidak cukup untuk membuat Anda bertambah tinggi namun air putih dapat membantu tubuh tetap terhidrasi.

Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan terlihat lebih bugar dan sehat karena seluruh aspek tubuh berfungsi dengan baik termasuk hormon-hormon pertumbuhan akan dapat bekerja secara maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *