Fri. Oct 19th, 2018

Tips Cara Memulai Usaha Kuliner Untuk Pemula!

Matajurnal – Selama manusia masih memerlukan makanan, tentunya mereka akan selalu membutuhkan aneka kuliner untuk memenuhi segala hasratnya. Jadi memang akan sangat tepat jika kalian memutuskan untuk terjun dan membuka usaha kuliner.

Dan sangat disayangkan jika kita tidak melirik bisnis kuliner ini sebagai salah satu usaha yang memiliki prospek jangka panjang untuk terus dikembangkan. Karena sudah terbukti dari beberapa orang yang berhasil membangun usaha dibidang kuliner ini, salah satu contohnya adalah melegendanya, nasi uduk.

Berikut adalah tips bisnis kuliner:

Target Pasar

Seperti yang kita ketahui, Target Pasar akan menjadi acuan kita dalam menentukan acuan untuk merancang strategi pasar. Hal ini meliputi beberapa konsep seperti: Umum, Pekerja, Pendapatan, Gaya hidup dan lain sebagainya.

Sebagai contoh, misalkan anda ingin membuat usaha kuliner di kantin kampus, maka yang cocok kita jual adalah makanan yang mengenyangkan terjangkau, tempat yang nyaman, serta menu-menu yang unik.

Memiliki Lokasi Strategis

Lokasi menjadi poin penting untuk sebuah usaha kuliner, karena tempat usaha menentukan pengunjung yang akan membeli produk usaha kita. Sebagai pilihan, bisnis kuliner bisa didirikan di tempat yang ramai dengan lalu lalang atau bergabung dengan kuliner lainnya seperti kantin atau food court.

Selalu Berinovasi

Dengan semakin ketatnya persaingan di dunia bisnis kuliner, anda harus dapat menyiasati hal ini. Inovasi meliputi rasa, tampilan serta bentuk. Inovasi ini juga harus disesuaikan dengan target pasar yang akan kalian rambah, dengan kata lain masih sesuai konsep kuliner.

Contohnya, jika target yang kalian pilih adalah anak sekolah, buatlah makanan dengan tampilan menarik serta harga yang terjangkau. Inovasi lainnya kalian juga dapat membuat brosur promo dalam setiap satu prodak penjualan.

Kalkulasi Harga Bahan

Hal ini juga menjadi salah satu hal penunjang dalam sebuah usaha, karena menyangkut dengan keuntungan. Kalian wajib mengetahui produk apa yang akan kalian jual, serta memilih bahan baku yang murah dengan kualitas yang tidak murahan.

Pasalnya bahan-bahan ini akan masuk dalam perhitungan untuk kalkulasi menentukan harga jual sebuah produk usaha kita. Hal ini akan meminimalisir kerugian dalam penjualan.

Manfaatkan Internet dan Media Sosial

Penggunaan internet dan sosial media pada jaman ini sudah meraja lela, tidak hanya orang dewasa, bahkan anak remaja pun sudah mulai menggunakannya. Agar bisnis ini semakin dikenal, kalian dapat memasarkan dan menjualnya di beberapa sosial media atau web e-comers lainnya.

Jaga Reputasi dan Kualitas

Usaha kuliner yang sanggup bertahan dalam jangka waktu yang lama adalah mereka yang mapu menjaga reputasi serta kualitasnya di mata konsumen. Sedikit saja mengecewakan pelanggan, dapat menyebabkan hal buruk untuk reputasi usaha yang kita jalani. Hal ini meliputi Kebersihan, Pelayanan, rasa makanan dan lain sebagainya.

Sabar Di Awal Usaha

Usaha dibidang kuliner bisa dibilang susah-susah gampang, serta membutuhkan waktu pengenalan kepada konsumen terlebih bisnis yang baru dibuka. Namun untuk selanjutnya, jika menu, rasa serta harga yang cocok dengan lidah dan kantong konsumen,maka akan sangat mudah tersiar kabar ke konsumen lainnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *