Tue. Oct 23rd, 2018
cara-membuat-skck

Cara Membuat SKCK, Inilah Syarat dan Prosesnya Yang Harus Anda Ketahui

Mata Jurnal Artikel Bisnis

Cara Membuat SKCK – Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau disingkat SKCK, merupakan surat yang dikeluarkan oleh Kepolisian Republik Indonesia. Surat tersebut dikeluarkan melalui Kepolisian Resort (Polres), atau Kepolisian Sektor (Polsek) setempat, yang berisi tentang catatan seseorang yang tercantum dalam data kepolisian.

SKCK yang dulunya dikenal sebagai Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB) ini, dibutuhkan untuk berbagai macam urusan administrasi atau untuk berbagai syarat keperluan lain. Seperti halnya untuk keperluan melamar pekerjaan, mengikuti calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan lain sebagainya.

Perlu kita ketahui, SKCK memiliki masa berlaku selam 6 bulan sejak tanggal diterbitkan, dan masih bisa diperpanjang bila memang diperlukan. Sebagian besar orang masing menganggap bahwa cara membuat SCKC itu sulit, walalupun kenyataannya tidak. Apabila anda mengetahui prosedur dan tata caranya, pembuatan SKCK dapat selesai dengan cepat.

Persyaratan dan Tata Cara Membuat SKCK di Polres atau Polsek

Proses pembuatan SKCK sama seperti pada umumnya mengurus administrasi di tingkat Kelurahan, Kecamatan ataupun Kabupaten. Ada beberapa hal yang perlu disiapkan untuk membuat SKCK semacam surat atau berkas. Nah, untuk jelasnya langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Mempersiapkan Surat Pengantar

Agar mendapat surat pengantar dari kelurahan, terlebih dahulu sebaiknya anda berkunjung ke ketua RT setempat supaya dibuatkan surat pengantar ke ketua RW. Setelah itu anda akan mendapatkan surat pengantar ke kelurahan atau desa untuk keperluan tersebut. Untuk pengurusan surat pengantar ini, biasanya ada biaya administrasi untuk kas masyarakat, namun ada juga yang tanpa biaya (tergantung dengan kebijakan desa setempat).

Persyaratan yang Diperlukan dalam Pengurusan SKCK

Sesudah anda mendapatkan surat pengantar dari kelurahan, sebaiknya anda melengkapi persyaratan berikut ini sebelum mengurus SKCK ke Polres atau polsek setempat.

Untuk warga negara Indonesi (WNI)
  • Fotokopi kartu tanda penduduk (KTP), atau surat izin mengemudi (SIM).
  • Fotokopi kartu keluarga (KK).
  • Ijazah terakhir/Fotokopi akta kelahiran.
  • Pas foto 4×6 sebanyak 6 lembar.
Untuk warga negara asing (WNI)
  • Fotokopi paspor.
  • Surat sponsor dari perusahaan (Asli).
  • Fotokopi surat nikah.
  • Fotokopi kartu izin tinggal terbatas (Kitas) atau kartu izin tinggal tetap(Kitap).
  • Pas foto 4×6 sebanyak 6 lembar.

Proses Pembuatan SKCK di Polres atau Polsek

Setelah persyaratan untuk membuat SKCK sudah sudah lengkap. Selanjutnya silahkan datang ke Polres (tingkat kabupaten/kota), atau Polsek (tingkat kecamatan) setempat untuk proses pembuatan SKCK. Pastikan anda datang ke Polres atau Polsek pada hari kerja, Senin – Jumat pukul 08:00 – 15:00.

Langsung menuju ke loket bagian pembuatan SKCK, untuk memasukkan/mendaftarkan berkas yang sudah anda siapkan. Selanjutnya anda akan diminta untuk mengisi formulir dan mengikuti proses yang ada. Setelah selesai anda tinggal membayar uang penerbitan SKCK di loket, tunggu antrean dan SKCK akan segera selesai.

Demikianlah ulasan singkat mengenai tata cara membuat SKCK di Polres atau Polsek setempat. Semoga bermanfaat dan jangan lupa kunjungi juga artikel terkait lainnya seperti;

Syarat dan Cara Membuat NPWP Pribadi Yang Wajib Diketahui

Membuka Usaha Tanaman Hias Yang Sangat Menguntungkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *