Wed. Oct 31st, 2018
bisnis-plan

Cara Membuat Bisnis Plan Yang Mudah

Mata Jurnal Artikel Bisnis

Cara Membuat Bisnis Plan – Sebagai seorang pelaku bisnis, kamu harus tahu bagaimana cara untuk membuat sebuah rancangan bisnis. Seperti yang kita ketahui, bisnis plan merupakan suatu dokumen tertulis yang disiapkan oleh pebisnis yang memuat semua unsur relevan baik internal maupun eksternal tentang perusahaan untuk memulai suatu usaha.

Tujuan dari pembuatan dokumen bisnis ini adalah untuk memberikan gambaran jelas tentang apa yang akan dilakukan oleh usaha tersebut. Selain itu, dokumen ini juga bisa digunakan untuk pengajuan dana kepada pihak investor.

Baca juga:
Bisnis Database

Dalam pembuatan bisnis plan yang perlu kamu lakukan adalah menentukan persyaratan utamanya yaitu 5W + 1H. Persyaratan tersebut adalah apa jenis produk yang akan dibuat, mengapa produk itu dibuat, siapa target penjualan, kapan produk akan dibuat, dimana produk itu dibuat dan yang terakhir bagaimana produk itu dibuat.

Dalam dokumen bisnis ini, kamu harus menjabarkan secara detail tentang konsep dan kelayakan usaha tersebut pula. Baiklah, untuk lebih lanjutnya kami akan berbagi info mengenai susunan membuat dokumen bisnis plan dengan mudah dan benar. Berikut adalah ulasan selengkapnya.

Susunan Membuat Bisnis Plan

Menentukan Latar Belakang Usaha

Langkah awal dalam pembuatan bisnis plan yang perlu kamu yaitu menentukan latar belakang usaha. Antara lain, alasan pembuatan usaha, sejarah berdiri perusahaan, pihak yang terlibat & bertanggung jawab, kondisi keuangan, rencana pengembangan, penjelasan lengkap usaha, aspek perjanjian dan jenis usaha yang dipilih. Selain itu, kamu harus menjelaskan lengkap mengenai lokasi untuk mendirikan usaha tersebut.

Analisa Pemasaran (Marketing Analysis)

Pada bagian ini kamu harus menjelaskan tentang target pemasaran utama. Kamu harus menjelaskan secara detail tentang siapa yang akan menjadi konsumen dari produk kamu ini.

Analisis Produk

Kamu harus menjelaskan secara detail bagaimana bahan baku produk didapatkan dan bagaimana cara memproduksinya.

Analisa Manajemen

Kamu harus menjabarkan secara detail tentang struktur organisasi, sistem penggajian, dan juga kekuatan & kelemahan dari manajemen tersebut.

Analisis Keuangan

Kamu harus menjelaskan tentang modal yang digunakan, biaya keseharian dan juga perkiraan pendapatan.

Jika kamu ingin membuat suatu bisnis plan yang baik, susunan di atas bisa menjadi acuanmu. Dalam pengajuan suatu usulan bisnis tentunya tidak hanya disampaikan secara lisan, namun juga dengan tertulis. Dengan dokumen tertulis dipastikan semuanya akan menguntungkan kedua belah pihak, antara pelaku bisnis dan pihak investor.

Artikel Bisnis Lainnya ;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *