Cara Kerja Kafein Pada Otak Dan Sistem Tubuh Manusia!

cara kerja kafein

Matajurnal – Cara kerja kafein, kita sudah mengetahui bahwa kopi bisa bikin mata melek. Senyawa inilah yang mampu membuat kita tidak mudah ngantuk. Maka tidak mengherankan, jika kopi menjadi salah satu pendamping orang-orang untuk menemaninya begadang di malam hari.

Kafein yang terkandung di dalam kopi memang memiliki beberapa manfaat, salah satunya adalah sebagai obat anti ngantuk. Terutama bagi orang yang sedang bekerja lembur, atau sekedar ingin ngobrol dengan teman hingga larut malam.

Dari segi kesehatan sendiri, kafein pada kopi juga memiliki manfaat seperti mencegah penyakit jantung dan diabetes.

Dalam mengkonsumsinya juga tidak boleh berlebihan, karena dapat menimbulkan penyakit lain. Seperti susah untuk tidur, mengganggu kualitas suara, dan bahkan dapat menyebabkan osteoporosis. Karena kafein dapat membuang kalsium dalam tubuh, melalui keluarnya urine.

Beginilah Cara Kerja Kafein Dalam Otak, Yang Bisa Bikin Melek

cara kerja kafein

Seperti yang sudah dibicarakan sebelumnya, bahwa kandungan kafein pada kopi juga memiliki manfaat bagi tubuh manusia. Manfaat kafein yang paling umum kita ketahui adalah, sebagai obat pencegah rasa ngantuk.

Hal ini dikarenakan senyawa kafein yang terdapat di dalam kopi, memiliki struktur yang sama dengan senyawa Adenosin yang ada di dalam tubuh.

Senyawa Adenosin ini akan terkumpul di otak, ketika kita sedang terjaga dan membuat aktivitas otak jadi melambat. Semakin kita memaksa untuk terjaga, maka senyawa Adenosin yang terkumpul jadi semakin bertambah banyak. Inilah yang menyebabkan kita merasa lelah, serta ngantuk saat begadang di malam hari.

Sedangkan jika kita gunakan untuk tidur, maka secara bertahap senyawa Adenosin pada otak perlahan akan berkurang. Dengan begitu, maka otak kita akan terangsang untuk bangun, dan kita akan kembali terjaga.

cara kerja kafein

Cara Kafein Bekerja

Ketika kita mengkonsumsi kafein maka senyawa Adenosin pada otak akan digantikan dengan kafein, karena kafein memiliki struktur yang sama dengan Adenosin. Kafein akan masuk ke otak melalui aliran darah, kemudian akan akan menggeser posisi Adenosin pada otak kita.

Dengan begitu kita tidak akan merasa mengantuk, selama senyawa kafein masih bersarang di otak. Namun kemampuan otak untuk terjaga hanya bersifat sementara, karena senyawa kafein secara perlahan akan menghilang dari otak kita.

Sayangnya ketika kafein telah menggantikan Adenosin dalam otak, kelak untuk membuat kita terjaga, kita membutuhkan dosis kafein yang lebih banyak. Inilah yang menyebabkan banyak orang yang telah kecanduan kafein, tidak bisa menekan rasa ngantuk dengan secangkir kopi saja.

Semakin sering kita mengkonsumsi kafein, maka Adenosin yang digeser akan semakin banyak. Jika sudah seperti ini, maka kita membutuhkan lebih banyak kafein untuk membuat kita tidak ngantuk. Begitulah cara kerja kafein dalam otak, yang selama ini kita ketahui dapat menghilangkan rasa ngantuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *