Bursa Cawapres 2019, Mahfud MD, Prabowo dan Jokowi!

Matajurnal – Nama manta ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD masuk dalam daftar calon presiden pendamping Jokowi di Pilpres 2019 mendatang. Sementara Mahfud sendiri juga pernah menjadi tim sukses Prabowo Subianto – Hatta Rajasa di pilpres 2014 lalu.

Gerindra pun menanggapi santai jika Mahfud dipinang oleh Jokowi untuk bersama-sama memimpin Indonesia. Bagi Gerindra hal tersebut juga merupakan kewenangan partai Pendukung Jokowi untuk memilih cawapresnya.

Sepak Terjang Mahfud MD

“itu hak sepenuhnya partai pendukung pak Jokowi untuk menentukan siapa calon presidennya. Kami tidak memiliki otoritas untuk memberikan komentar, pokoknya siapapun yang dipilih, kami sampaikan selamat,” kata Muzani di gedung DPR, Senayan, Jakarta.

Mahfud sendiri yang juga berpengalaman di bidang hukum dinilai menjadi sosok yang berintegritas. Memandang sosok Mahfud seperti itu, Muzani tidak banyak berkomentar, baginya hubungan Mahfud dengan pihak Prabowo sudah selesai.

“Saya tidak punya komentar, Pak Mahfud itu pernah menjadi ketua Tim pemenangan Pak Prabowo dan tugas itu sudah selesai. Dan Pak Mahfud menyatakan sudah selesai, mundur jadi tidak ada lagi masalah,” ujar Wakil Ketua MPR ini.

Diberitakan presiden Joko Widodo sudah mengantongi lima nama bakal calon wakil presiden(cawapres) yang akan mendampinginya pada pilpres 2019 mendatang. Namun Jokowi masih merahasiakan siapa yang dipilih dari ke lima daftar nama tersebut.

Nama-nama yang telah beredar diantaranya, Mahfud MD, Sri Mulyani, Moeldoko, TGB Zainul Majdi dan Muhaimin Iskandar. Namun belum ada kepastian, kapan Jokowi mengumumkan cawapresnya.

Modal Kuat

Pengamat politik dari Vaxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago menilai, Mahfud MD tidak bisa dianggap sebelah mata. Menurut dia, mantan ketua MK itu memiliki figur yang sangat menarik.

“Pertama Mahfud MD punya jam terbang yang tinggi di pemerintahan, track record bagus, sukses story-nya jelas baik di level eksekutif, legislatif dan yudikatif,” kata Pangi saat diwawancarai.

Dia menjelaskan , Mahfud pernah jadi Menteri Pertahanan di era Presiden Gus Dur, di legislatif pernah menjabat anggota DPR dan di institusi yudikatif pernah menjadi ketua Mahkamah Konstitusi (MK). Di samping itu, Mahfud juga punya modal suara akar rumput, representasi santri dan NU.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *