Thu. Nov 1st, 2018
oleh-oleh-khas-belitung

Oleh Oleh Khas Belitung yang diburu

Saat mendengar kata Belitung, yang terlintas di benak Anda mungkin adalah keindahan hamparan pantai dengan batu-batu besar seperti yang ada di film laskar pelangi. Walaupun destinasi dari pulau ini bukanlah wisata belanja, namun perjalanan Anda tak akan lengkap tanpa membeli oleh oleh khas Belitung.

Pilihan oleh oleh khas Belitung

Bila Anda penasaran dengan jenis oleh oleh apa saja yang tersedia di sana, berikut ini adalah beberapa benda dan makanan yang dapat Anda beli.

Aneka kerupuk dan kemplang ikan

Hasil tangkapan ikan yang melimpah dari masyarakat lokal dimanfaatkan dengan diolah menjadi kerupuk kemplang. Jadi jangan heran bila rasa ikan di kerupuk ini sangat kentara dan lezat.

Kerajinan kerang

Bila Anda adalah kolektor pernak pernik, jangan lupa menyempatkan diri untuk membeli kerajinan kerang sebagai oleh oleh khas Belitung. Kerang-kerang yang ada disulap menjadi kerajinan yang menarik seperti bentuk burung, landak, penyu dan lain-lain.

Sambal lingkong

Oleh-oleh ini dibuat dari campuran ikan tengiri yang dicampur dengan kelapa dan cabai. Produk makanan ini lebih dikenal sebagai abon dan untuk mendapatkannya tidaklah sulit. Anda dapat membelinya di pasar lokal seputaran daerah Kota Tanjung Pandan dan Manggar.

Satam

Jenis souvenir yang bisa Anda dapatkan di Belitung adalah satam. Ini adalah batu hitam yang bisa disulap menjadi perhiasan yang indah. Yang menjadikannya istimewa adalah permukaan batu dengan berbagai motif yang menghiasi permukaanya.

Sirup jeruk kunci

Buah jeruk kunci hanya bisa ditemukan di Pulau Belitung saja. Rasa sirup ini unik dan menyegarkan dan cocok bila diminum saat cuaca panas ditambahkan dengan es batu. Jadi sangat cocok bila Anda membelinya untuk keluarga tercinta.

Dengan berburu oleh oleh khas Belitung, perjalanan Anda akan terasa sempurna. Hal ini karena Anda juga akan berbagi kebahagian dengan keluarga serta teman apabila memberikan oleh-oleh yang dapat menjadi kenang-kenangan perjalanan Anda. Bila Anda mengambil perjalanan dengan paket tour, guide Anda akan dengan senang hati memberi rekomendasi pusat oleh-oleh terbaik.

Baca Juga;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *