Fri. Oct 19th, 2018
bahaya kencing berbusa - penyakit kencing berbusa

Urine berbusa, Tanda Anda Terkena Penyakit Ini.!

Matajurnal – Bahaya Urine Berbusa, urine atau air seni atau air kencing adalah cairan sisa yang di ekskresi oleh ginjal, dan kemudian akan dikeluarkan dari dalam tubuh melalui proses urinasi. Biasanya, karakter air seni akan menggambarkan kondisi tubuh kita.

Mulai dari kadar warna dan buih yang dihasilkan saat buang air dapat mengidentifikasi apa saja yang dibutuhkan tubuh kita. Nah, berikut adalah kumpulan pembahasan gejala penyakit urine berbusa pada tubuh manusia.

Tanda Anda Terkena Penyakit Jika Urine Berbusa!

Dehidrasi

Jika urine anda berbusa serta berwarna kuning pekat bahkan agak gelap, hal ini menandakan bahwa anda kekurangan cairan atau dehidrasi. Minumlah cukup air (usahakan air mineral atau air putih) untuk melengkapi kebutuhan air dalam tubuh.

Hal ini akan melarutkan zat-zat lain yang terkandung dalam tubuh lewat pembuangan urine. Menurut beberapa ahli, urine yang baik adalah urine yang tidak memiliki warna dan bau.

Penyakit Ginjal

Seperti yang telah kita ketahui, salah satu fungsi terpenting ginjal adalah untuk menyaring protein-protein  dalam darah. Protein ini melakukan fungsi penting dalam tubuh, seperti menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Jika seseorang mengalami kerusakan atau penyakit pada ginjalnya, protein dapat bocor dari ginjal dan masuk kedalam urine. Warna air kencing akan kuning gelap kemerah-merahan dan memiliki buih yang banyak.

Penyakit Diabetes

Mungkin belum banyak yang tahu, diabetes biasanya juga menjadi penyebab kenapa anda menghasilkan urine yang berbusa. Seseorang dengan diabetes yang tidak terkontrol akan memiliki lebih banyak molekul glukosa darah didalam tubuhnya.

Glukosa merupakan molekul besar seperti protein, dan amat dibutuhkan oleh tubuh kita. Akan tetapi jangan sampai berlebihan dalam mengkonsumsi glukosa. Biasanya warna air urine kuning pekat dan berbau dengan buih yang tidak biasa.

Nah, inilah penjelasan dari bahaya urine berbusa yang mungkin belum anda ketahui. Jika anda mengalami beberapa fase mulai dari warna dan buih pada air seni anda, segera konsultasi dengan dokter dan perbanyak konsumsi air putih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *