Aturan Hukum Bisnis Dan Fungsinya

hukum-bisnis

Mata Jurnal Artikel Bisnis

Hukum bisnis merupakan suatu aturan hukum yang mengatur tatacara berjalannya suatu urusan industri, perdagangan, ataupun keuangan yang berhubungan dengan pertukaran barang dan jasa. Hukum dalam perbisnisan ini tercipta untuk memudahkan para pebisnis, dengan mudah melakukan kegiatan produksi dan mengatur keuangannya.

Untuk menciptakan suatu perekonomian yang ideal dan sehat, tentunya sangat dibutuhkan aturan bisnis yang ditetapkan. Jika Anda seorang pebisnis atau calon pebisnis, berikut adalah aturan atau hukum bisnis yang perlu Anda ketahui.

 Baca juga:
Bisnis Database

hukum bisnis

Aturan Bisnis Yang Diperlukan Bagi Para Pengusaha

  1. Pihak yang terlibat dalam suatu perjanjian bisnis, harus mempunyai surat perjanjian resmi antara pihak yang bersangkutan.
  2. Penetapan hukum berlaku (sanksi) untuk kedua belah pihak, mengenai kewajiban dan pelanggaran di surat perjanjian resmi. Apabila, salah satu pihak ada yang tidak melakukan kewajiban atau melanggar suatu perjanjian yang telah disepakati. Maka hukum bisnis ini berlaku sebagai bukti.

Setiap pelaku bisnis haruslah mengetahui dan mempelajari hukum aturan berbisnis. Hal itu karena setiap kegiatan bisnis yang dilakukan sudah tercatat di aturan hukum bisnis. Dengan adanya aturan hukum, tentunya akan meminimalisir kecurangan atau pelanggaran, sekaligus menguntungkan untuk kedua belah pihak pebisnis.

hukum bisnis

Sumber Hukum Aturan Bisnis

Sumber hukum bisnis merupakan suatu dasar yang dibentuknya suatu aturan berbisnis. Adapun sumber aturan bisnis tersebut meliputi:

  1. Asas perjanjian kontrak antara semua pihak yang bersangkutan dan terlibat. Setiap pihak yang terlibat harus patuh terhadap aturan bisnis yang telah disepakati.
  2. Asas kebebasan kontrak, dimana setiap pihak yang bersangkutan bisa membuat ketentuan isi perjanjian tersebut. Namun, ketentuan tersebut berlaku jika kedua semua pihak telah menyetujuinya.

Menurut perundang-undangan berikut adalah sumber hukum berbisnis yang perlu diketahui, sebagai berikut:

  • Hukum Perdata (KUH Perdata)
  • Hukum Publik (Pidana Ekonomi/KUH Pidana)
  • Peraturan Perundangan-undangan di luar KUH Pidana, KUH Perdata, dan KUH Dagang
  • Hukum Dagang (KUH Dagang)

Jika Anda ingin membangun suatu bisnis dan bekerja sama dengan pihak lain, yang perlu Anda pelajari adalah bagaimana aturan bisnis. Hukum bisnis yang berlaku tidak selalu sesuai dengan keinginan Anda. Terkadang bisa melenceng jauh dengan apa yang Anda harapkan. Oleh sebab itu, sebelum membuat kontrak perjanjian dengan pihak lawan bisnis, pelajari terlebih dahulu aturan hukum berbisnis.

Artikel menarik lainnya ;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *