Wed. Oct 31st, 2018
bisnis-mlm

Apa itu Bisnis MLM? Apakah Bisnis ini Aman?

Pernahkah kamu mendengar tentang bisnis MLM? Bisnis ini memang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Banyak orang yang telah berhasil dalam melakukan bisnis ini. Namun, ada pula beberapa orang yang merasa dibohongi oleh bisnis ini. Oleh karena itu, simaklah apa yang dimaksud dengan MLM agar Kamu tidak merasa ragu ketika ingin mencoba melakukan bisnis ini.

Pengertian Bisnis MLM

MLM merupakan salah satu jenis bisnis yang mulai populer semenjak tahun 2000 an. Produk yang ditawarkan dalam jenis bisnis MLM ini dulunya dianggap sebagai penipuan. Namun, ternyata bisnis ini bisa berkembang di Indonesia. Terlebih lagi di era yang sudah modern ini, bisnis yang menggunakan networking sebagai alat utamanya semakin dikenal oleh masyarakat.

Baca juga:
Bisnis Database

Pemasaran yang berantai merupakan salah satu hal yang pasti dilakukan dalam jenis bisnis ini. Untuk membuat kamu tidak tertipu dengan jenis bisnis ini, kamu harus memperhatikan beberapa tips yang penting untuk dipahami.

Pilihlah jenis bisnis MLM yang sudah terdaftar di APLI

Asosiasi Penjual Langsung Indonesia atau yang sering disebut dengan APLI merupakan suatu lembaga yang dimiliki oleh perusahaan MLM di Indonesia. Untuk mendapatkan jenis MLM yang bukan penipuan, kamu bisa melihat apakah bisnis yang kamu ikuti tersebut sudah terdaftar di APLI ataukah belum.

Memiliki Badan Hukum

Tips berikutnya untuk mengecek apakah bisnis tersebut aman dilakukan atau tidak adalah mengecek apakah MLM yang Anda ikuti sudah memiliki badan hukum atau belum. Jika bisnis MLM sudah dalam suatu skala yang besar, pastilah bisnis MLM tersebut memiliki sebuah badan hukum.

Harga Produk masuk akal

Harga yang ditawarkan dalam bisnis jenis ini juga harus masuk akal. Artinya, harga yang dimiliki bisa diterima oleh masyarakat. Bisnis yang menggunakan sistem Multi Level Marketing yang masuk akal tidak menjanjikan keuntungan yang besar tanpa menjual produk. Jika Kamu menemukan hal yang seperti itu, pastilah MLM tersebut hanyalah sebuah tipuan.

Itulah beberapa tips yang aman dan yang perlu Anda perhatikan dalam memulai bisnis MLM. Jadi, jangan sampai menjadi orang yang tertipu oleh bisnis Multi Level Marketing.

Artikel bisnis lainnya;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *